Jogging di Pedesaan Sambil Memandang Sawah

JABARNEWS | MAJALENGKA – Kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatannya bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan berjogging atau lari jarak pendek.

Bila di perkotaan, warga sering melakukannya di taman-taman kota, tidak demikian halnya di wilayah pedesaan. Warga desa memanfaatkan jalur jalan umum beraspal, mengingat di kiri kanan jalan masih terhampar luas area pesawahan.

Seperti yang terlihat di perbatasan Kecamatan Palasah-Ligung Kabupaten Majalengka, tepatnya di wilayah Desa Majasuka.

Sebagian pegawai ASN terlihat berjoging di jalan menuju Majasari-Majasuka tersebut. Selain masih asri karena dekat dengan area sawah, jalur ini juga nyaris belum begitu padat kendaraan yang lalu lalang sehingga bisa untuk berjogging pagi.

Baca Juga:  Lagi, Dua Pekerja Asing Asal China Diciduk

Salah seorang warga Majasuka, Omo mengatakan sering memanfaatkan jalur beraspal Majasuka-Majasari itu untuk berjogging setiap pekannya. Omo selalu sendirian ketika berjogging, namun setelah berada di jalanan dia menemukan cukup banyak yang berolahraga lari itu.

“Saya ingin menjaga kesehatan, makanya saya jogging pagi. Ini olahraga murah, yang dibutuhkan hanya kemauan dan memakai sepatu. Terkadang saya hanya jalan kaki dan tanpa pakai sepatu, itu lebih menyehatkan,” ungkapnya, Sabtu (7/7/2018).

Baca Juga:  Truk Terguling Nyaris Masuk Sungai Cipancar

Omo menambahkan sebetulnya dia sendiri ingin berolahraga di tempat-tempat khusus seperti taman kota atau arena olahraga. Namun di wilayah pedesaan, taman kota itu belum ada.

Lagipula area sawah masih terhampar luas, sehingga jalanan pun, karena di kiri dan kanan jalan masih kebun, bisa untuk dijadikan tempat olahraga sambil menyejukkan mata memandang alam.

“Kalau di kota, seperti Jakarta dan Bandung, mau olahraga jogging gini harus di taman atau arena olahraga khusus. Tapi di desa, suasana jalanan ini juga sudah cukup. Lagipula ini masih asri dan adem,” ungkapnya.

Baca Juga:  Video: Diduga Vaksinasi Di Puskesmas Wadas Janggal, Bupati Karawang Lakukan Sidak

Hal senada diungkapkan pejoging lainnnya, Agus mengatakan hal yang sama. Ia memilih jogging untuk menjaga kesehatannya. Membuang kalori dengan olahraga lari pagi membuatnya bisa menghilangkan stres.

“Setelah lima hari kerja, kita butuh refresh untuk menghadapi hari-hari berikutnya. Jogging merupakan alternatif saya,” ungkapnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat