Kesal Karena Tumbuh Jerawat Saat Puber? Atasi Dengan Cara Ini

JABARENEWS | BANDUNG – Jerawat bisa terjadi pada siapapun. Namun biasanya jerawat mulai muncul ketika remaja memasuki usia puber. Di masa ini, remaja akan mulai merasakan timbulnya jerawat yang terkadang bisa menurunkan rasa percaya diri.

Selain itu, jika dibiarkan jerawat kerap menjadi salah satu masalah serius. Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa cara mengatasi jerawat saat puber yakni:

Baca Juga:  Konsep Pariwisata Purwakarta Jadi Rujukan Wisata Danau Toba

Pertama. Rutin cuci muka – Jerawat puber bisa saja terjadi akibat Anda malas atau jarang cuci muka. Oleh karena itu, sempatkanlah waktu untuk mencuci muka dengan benar dua kali sehari, di pagi dan malam hari sebelum tidur.

Hindari cuci muka lebih dari dua kali dalam sehari karena ini bisa membuat kulit kering. Selain itu, Pilih sabun pembersih yang lembut dan berbahan dasar air. Hindari sabun batangan yang justru membuat kulit kering. Kandungan sabun batangan dapat menyumbat pori-pori.

Baca Juga:  Ribka Tjiptaning Dirotasi ke Komisi VII: Dokter Jadi Bergaul Sama Minyak dan Listrik

Kedua. Gunakan pelembab – Banyak orang yang enggan menggunakan pelembab, karena takut membuat kulitnya semakin berminyak. Kulit yang lembab dengan berminyak adalah dua kondisi yang berbeda.

Ketika Anda punya jerawat puber, bukan berarti karena terlalu banyak minyak pada wajah dan akhirnya menghindari pakai pelembab. Kulit wajah tetap harus dijaga kelembabannya.

Baca Juga:  Demi Penataan Taman Kota Tasik PKL Bakal Ditertibkan

Ketiga. Gunakan Sunscreen – Kulit tidak dapat secara otomatis memerangi jerawat puber ketika terkena sinar matahari yang dapat menyebabkan kerusakan secara langsung.

Anda sebaiknya menggunakan krim tabir surya khusus wajah yang mengandung SPF 30. Selain itu, perhatikan kandungan sunscreen yang ringan, oil free, atau bebas komedo agar masalah kulit semakin buruk. (Red)