Lestarikan Budaya, Pemkab Gelar Festival Goyang Karawang

JABARNEWS | KARAWANG – Berupaya melestarikan tradiri agar kesenian tradisional tidak musnah, Pemerintah Kabupaten Karawang akan menggelar Festival Goyang Karawang di Kawasan Percandian Batujaya, Karawang. Selain melestarikan budaya, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana pun mengaku khawatir anak-anak di Karawang tidak lagi berminat belajar seni tari tradisional.

Terlebih saat ini, kebanyakan generasi muda menggandrungi salah satu aplikasi di media sosial sambil joget-joget tak jelas.

Baca Juga:  Ratusan Warga Datangi Rumah yang Diduga Jual Obat Terlarang

“Akan ada penampilan ibing Goyang Karawang secara massal. Ada juga tari kreasi dari daerah lainnya,” katanya detik, Kamis (19/7/2018).

Melalui kegiatan ini Cellica ingin generasi milenial lebih mengenal tarian tradisional. Pasalnya tari tradisional itu penting. Pemimpin perempuan pertama di Karawang ini mengaku akan menyiapkan pembinaan dan pelatihan untuk anak-anak didik Karawang.

Baca Juga:  Ada 83 Checkpoint Kawal PPKM Kabupaten Bogor, Cisarua Jadi Fokus Pemeriksaan

“Setelah dilantik, saya akan mendorong anak-anak SD bisa Jaipong, Topeng Banjet, dan kesenian lainnya. Kita khawatir anak – anak tidak lagi berminat belajar kesenian daerah. Daripada sekarang banyak yang joget – joget nggak jelas di medsos,” kata Cellica.

Acara tersebut rencananya akan berlangsung pada 21 hingga 23 September 2018. Selain dari Karawang dan Jawa Barat, sejumlah penari dari berbagai daerah juga bakal menampilkan kreasinya. Diantaranya adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Jambi, Banten, Kalimantan, Jawa Tengah, Bengkulu, Sulawesi, NTT hingga Papua. Tidak hanya menampilkan tari, Festival Goyang Karawang juga bakal diisi dengan pameran kuliner, kerajinan dan sejarah. (Vie)

Baca Juga:  Bursa Kursi Ketua MPR Banyak Diminati

Jabarnews | Berita Jawa Barat