Nelayan Pangandaran Gelar Syukuran Pergantian Tahun Hijriyah

JABARNEWS | PANGANDARAN – Memperingati 1 Muharram 1440 H, tak melulu harus dengan pawai taaruf. Seperti yang dilakukan para nelayan di Pangandaran. Mereka menggelar syukuran yang cukup meriah untuk memperingati pergantian tahun hijriyah.

Salah satu hal yang dihadirkan dalam syukuran tersebut yakni menggelar kesenian yang merupakan kreativitas para nelayan.

Baca Juga:  60 Persen Siswa SD dan SMP di Indramayu Sudah Divaksin

Momen ini mengakibatkan jalan utama Pangandaran dipadati lautan manusia. Konvoi kendaraan dan arak-arakan kesenian berawal dari Desa Pangandaran menuju pusat lokasi kegiatan syukuran di Pasar Ikan Pantai Timur Pangandaran.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan Wakil Bupati Pangandaran H Adang Hadari yang datang ke lokasi kegiatan, disambut dengan pagelaran seni Sunda. Suasana pun menjadi makin meriah.

Baca Juga:  Tasik Seharusnya Asik Tanpa HIV AIDS

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyebutkan, di masa jabatan di tahun keduanya itu, dalam merayakan 1 Muharram ini pihaknya membuka ruang terbuka bagi seluruh komponen masyarakat. ’’Para pejabat hadir, tokoh masyarakat, alim ulama, ibu-ibu pengajian serta para nelayan,’’ kata dia, seperti dilansur ruber.id.

Jeje menuturkan, momen kegiatan ini beragam hadir dengan kesenian tradisional dan nilai kebangsaan religiusnya pun sangat kental. ’’Seni pun dikemas dengan baik, sehingga kami melihat di tahun kedua ini sudah nampak jelas bentuk dan sifatnya,” tuturnya. (Abh)

Baca Juga:  Perumdam Cianjur Kewalahan Pasok Permintaan Air Bersih

Jabarnews | Berita Jawa Barat