Politisi PAN, Herry Dermawan Berharap Obat Sirup Picu Gagal Ginjal Akut Segera Ditarik

Anggota DPRD Jawa Barat asal Fraksi PAN, Herry Dermawan (kanan) berharap obat sirup yang memicu gagal ginjal akut pada anak segera ditarik */DPW PAN Jawa Barat/

JABARNEWS | BANDUNG –Anggota DPRD Jawa Barat asal Fraksi PAN, Herry Dermawan berharap obat-obatan yang mengandung senyawa kimia yang memicu gagal ginjal akut atau Akut Progresif Atipikal alias Acure Kidney segera ditarik dari pasaran.

Baca Juga:  Lahirkan Bibit Atlet Berprestasi, Kratingdaeng Volleyball Gubernur Cup 2023 Sukses Digelar di Bandung

Senyawa kimia yang memicu gagal ginjal akut yang dimaksud diantaranya etilen glikol, dietilen glikol, dan etilen glikol butyl ether/EGBE.

“Pemerintah pusat melalui instansi terkait (Kemenkes, BPOM) diharapkan segera menginstruksikan pemerintah daerah untuk menarik obat sirup yang memicu gagal ginjal, dan harus ada sanksi tegasnya,” kata Herry Dermawan, Bandung, Sabtu, 22 Oktober 2022.

Baca Juga:  Puluhan Sopir Bus Di-tes Urine, Ini Hasilnya

Penarikan obat-obatan sirup yang mengandung senyawa kimia picu gagal ginjal akut tersebut penting dilakukan tegas Herry Dermawan, untuk mencegah banyaknya anak yang meninggal karena Atypical Progressive Acure Kidney Injury (AKI).

Baca Juga:  Mobilisasi Orang di 4 Wilayah Jawa Barat Ini Diprediksikan Tinggi Selama Natal dan Tahun Baru