Pos SAR Tasik Diresmikan, Tangani Bencana Di Priangan Timur

JABARNEWS | KOTA TASIKMALAYA – Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI M. Syaugi meresmikan Pos SAR Tasikmalaya, Rabu (18/4/2018). Pos ini dialokasikan untuk menjangkau wilayah Priangan Timur, mulai Tasikmalaya hingga Pangandaran.

“Dengan hadirnya Pos SAR di Tasikmalaya ini, diharapkan bisa lebih cepat dalam penanganan bencana alam. Apalagi, beberapa waktu lalu, di Tasikmalaya terjadi gempa besar yang mengakibatkan korban jiwa dan kerusakan bangunan. Hal tersebut sangat dibutuhkan penanganan cepat,” kata Syaugi, selepas resmikan Pos SAR.

Baca Juga:  Cerita Pernikahan Irfan Penyandang Disabilitas di Purwakarta

Dia menyebutkan, Kantor SAR Tasik dilengkapi berbagai sarana prasarana kebencanaan penunjang. Di antaranya kendaraan rescue, water rescue, alat SAR high angle rescue (untuk ketinggian), dan peralatan pertolongan di lokasi pegunungan.

Baca Juga:  70 Persen Kolam Ikan di Satuan Pelayanan Provinsi Jabar Kondisinya Kurang Baik

Juru Bicara Kantor SAR Bandung, Joshua Banjarnahor, berharap, diresmikannya Pos SAR Tasikmalaya ini mempercepat penanganan bencana.

“Jika dalam penanganan bencana itu dilakukan dari Bandung menuju ke Pangandaran misalnya, itu cukup jauh. Tapi dari sini, saya yakin bisa cepat. Mempersingkat respons tim evakuasi,” ucap Joshua.

Baca Juga:  Sekolah Swasta Di Ciamis Keberatan Sistem Zonasi

“Adanya Pos SAR ini diharap bisa lebih meningkatkan koordinasi dan mempererat sinergitas antarinstansi di bidang pencarian dan pertolongan. Bagi masyarakat yang ingin meminta pertolongan, dapat menghubungi nomor telepon 115 atau nomor (0265) 7541115,” tambahnya. (Yud)

Jabarnews | Berita Jawa Barat