Sukseskan Asian Games, Pedagang Bongkar Kios Sendiri

JABARNEWS | SUBANG – Setelah diberikan peringatan dan himbauan, ratusan bangunan liar yang berdiri di pinggir jalan jalur Jalancagak, Subang, dibongkar sendiri oleh pemiliknya, Kamis (2/8/2018).

Pantauan di lapangan, sejak pukul 15.30 WIB, puluhan pemilik kios membongkar kios-kios yang sudah kosong tersebut.

Camat Jalancagak Wahyu Suryana mengatakan, pembongkaran merupakan inisiatif pemilik kios. Sehingga, mereka bisa memanfaatkan kembali bahan bangunan yang masih bisa terpakai.

Baca Juga:  Cari Potensi Dan Bakat Pelajar, Diskominfo Gelar MSA

“Warga dan pemilik kios berinisiatif melakukan pembongkaran sendiri kiosnya. Agar bisa memanfaatkan kembali bahan bangunan yang masih bisa terpakai” ujar Wahyu kepada jabarnews.com.

Dijelaskan Wahyu, sebelum kios itu dibongkar, pihaknya telah menyosialisasikan kepada pedagang untuk membongkar sendiri kios mereka.

Hal ini dilakukan untuk mempercantik wilayah Jalancagak jelang Asian Games 2018. Sebab, Subang menjadi salah satu daerah yang menjadi tempat pelaksanaan Asian Games untuk Cabang Olahraga Balap Sepeda, nomor Kriterium, ITT dan MTB. Khusus di nomor MTB (Mountain Bike) akan dilaksanakan mulai 18 Agustus 2018 dipusatkan di Taman Buah Desa Wisata Bunihayu, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang.

Baca Juga:  PWNU Jawa Barat dan Ridwan Kamil "Rujuk", Tapi Data Penerima Tetap Tidak Dibuka

“Ada sekitar 100 kios yang rencananya akan dibongkar, tepatnya yang berada di sekitar alun-alun Jalancagak dan dusun Gamlung, Jalancagak. Alhamdulillah, tidak harus dibongkar petugas, justru pemilik kios inisiatif membongkarnya,” ujarnya.

Baca Juga:  Insinerator di Tasikmalaya Meledak, Relawan Kebersihan Jadi Korban

Pemilik kios, Ade (35) mengaku sudah berdagang di lokasi itu selama 2 tahun dan sudah mendapatkan banyak pelanggan. Karena itu, ia mengaku sedih saat kiosnya dibongkar.

“Tapi mudah-mudah setelah selesai Asian Games, saya biasa jualan lagi di sini,” harapnya. (Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat