Tanpa Disadari, Manusia Zaman Sekarang Kekurangan Asupan 7 Nutrisi Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Dengan segala kesibukannya, manusia modern terkadang melupakan hal yang paling penting yang harus mereka dapatkan untuk menjaga kesehatannya, yaitu nutrisi. Olahraga serajin apapun, hasilnya tidak akan maksimal jika tidak didukung dengan asupan nutrisi yang baik.

Menurut seorang ahli nutrisi, Suzie Sawyer, manusia zaman sekarang mulai kekurangan asupan tujuh nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Apa saja nutrisi tersebut? Berikut di bawah ini di antaranya:

Zat Besi Dan B12

Kadar zat besi yang rendah dapat menyebabkan anemia, dengan gejala kelelahan, jantung berdebar, dan sesak napas. Anemia juga bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin B12 dan folat, yang keduanya diperlukan untuk memproduksi sel darah merah.

Baca Juga:  Thoriqoh Nasrullah Fitriyah Mengkritisi Tingginya Angka Penunggak Pajak Kendaraan di Jawa Barat

Asam Folat

Nutrisi ini adalah sejenis vitamin B yang membantu tubuh memproduksi sel darah merah, dan sangat penting selama minggu-minggu pertama kehamilan untuk membentuk otak dan sumsum tulang belakang janin.

Yodium

Nutrisi satu ini sangat penting untuk fungsi hormon tiroid, yang membantu mengontrol metabolisme tubuh. Selama kehamilan, yodium penting untuk kesehatan otak janin yang sedang berkembang dan perkembangan kognitif anak di tahun-tahun awal mereka. Kekurangan yodium disebut dapat mengarah pada IQ yang lebih rendah.

Asam Lemak Omega-3

Tubuh tidak dapat membuat asam lemak esensial ini, jadi kita harus mendapatkannya dari makanan kita atau melalui suplemen. Studi menghubungkan asam lemak omega-3 dengan penurunan risiko penyakit jantung, beberapa kanker, dan demensia.

Baca Juga:  Mengenal Ragam Manfaat Meminum anggur Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Magnesium

Kekurangan magnesium bisa membuat tubuh merasa kehabisan energi, karena mineral keempat terbanyak dalam tubuh ini memiliki peran kunci dalam menjaga irama jantung yang normal, kontraksi otot, fungsi saraf, kontrol tekanan darah, glukosa, metabolisme insulin, dan massa tulang.

Selenium

Tubuh menggunakan selenium untuk membuat selenoprotein, yang berfungsi seperti antioksidan yang mencegah kerusakan sel. Kurangnya nutrisi ini menyebabkan sejumlah implikasi kesehatan serius seperti peningkatan risiko penyakit jantung koroner, kanker, kekebalan yang buruk, rentan penyakit degeneratif, dan peradangan.

Baca Juga:  ASN Netral Dong

Vitamin D

Fungsi utama vitamin ini adalah mengatur jumlah kalsium dan fosfor dalam tubuh, yang penting untuk kesehatan tulang, gigi, dan otot. Tingkat vitamin D yang sangat rendah dikaitkan dengan beberapa jenis kanker, masalah kardiovaskular, serangan asma, depresi, dan multiple sclerosis.

Itulah tadi tujuh nutrisi yang manusia modern sering terlupakan karena kesibukannya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda dan tetaplah menjalani pola hidup sehat demi menjaga kesehatan tubuh tetap terjaga di bulan puasa ramadan ini. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari womantalk

Jabarnews | Berita Jawa Barat