Tiga Hal Yang Bisa Kalian Lakukan Ketika Mata Lelah

JABARNEWS | BANDUNG – Mata lelah memang tidak berbahaya dan akan membaik sendiri setelah istirahat. Namun, jika dibiarkan, mata lelah bisa menimbulkan gangguan yang lebih serius. Oleh karena itu, ketahui apa saja cara mencegah dan mengatasi mata lelah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Mata lelah merupakan gangguan yang terjadi akibat mata digunakan dalam jangka waktu lama tanpa istirahat. Selain terlalu lama menatap layar komputer atau gadget, mata lelah juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti mengendarai kendaraan dengan jarak yang jauh atau terpapar cahaya yang terlalu terang.

Baca Juga:  10 Titik Jalan Di Purwakarta Ini Akan Ditutup Saat Malam Takbiran

Oleh sebab itu berikut beberapa cara mengatasi lelah mata yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah yakni:

Pertama. Sering Berkedip – Ternyata, berkedip menjadi cara termudah untuk mengistirahatkan mata. Ketika berkedip, cairan di dalam mata akan membasahi bola mata, sehingga mengurangi iritasi dan mata kering.

Namun, faktanya orang-orang yang bekerja di depan komputer justru jarang berkedip, dan inilah yang membuat mata cepat menjadi lelah dan mengalami iritasi. Oleh karena itu, mulai sekarang biasakanlah berkedip setiap 20 menit sebanyak 10 kali.

Baca Juga:  Supardi Antusias Menunggu Momen Comeback-nya

Kedua. Memejamkan Mata – Apabila mata kamu sudah terasa lelah dan perih, artinya kamu harus memejamkannya sejenak. Bukan tidur, kamu hanya mengistirahatkan mata dari terpaan cahaya layar yang terus-menerus.

Kamu juga bisa berjalan-jalan berkeliling sembari melakukan peregangan agar otot tidak terasa kaku, juga supaya mata sedikit teralihkan dari kerja kerasnya dengan melihat-lihat pemandangan lainnya. Jika waktu istirahat tiba, tidak ada salahnya menggunakannya untuk tidur siang sejenak.

Baca Juga:  Majelis Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa Kasus Suap Meikarta

Ketiga. Atur Pencahayaan Ruangan – Tidak hanya saat gelap, mata juga akan cepat merasa lelah saat melihat dalam kondisi ruangan dengan cahaya yang terlalu terang. Pada kondisi ini, mata akan semakin menyipit dan meminimalkan akomodasi cahaya demi bisa melihat objek dengan jelas.

Ditambah lagi dengan layar komputer dan ponsel yang tak kalah terangnya. Oleh karena itu, kamu perlu mengatur pencahayaan ruangan demi menjaga kesehatan mata. Kamu bisa menutup tirai jendela untuk mengurangi paparan cahaya yang terlalu terang. (Red)