Tiga Manfaat Sayur Pakis Untuk Kesehatan, Diantaranya Cegah Kanker

JABARNEWS  | BANDUNG – Beberapa orang mungkin kurang familiar dengan sayur pakis, padahal manfaat sayur pakis terbilang cukup banyak dan pengolahannya pun mudah.

Sayur pakis dengan nama latin Matteuccia struthioreris merupakan tanaman tahunan yang tumbuh subur di iklim sedang dan tanah yang dikeringkan dengan baik.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa manfaat sayur pakis bagi kesehatan yakni:

Baca Juga:  Tiga Objek Wisata Religi Garut Jawa Barat Sebagai Tempat Ziarah Makam

Pertama. Mengatasi Anemia – Salah satu manfaat sayur pakis untuk kesehatan adalah mencegah anemia, yang merupakan kondisi saat kadar sel darah merah kurang sehingga menyebabkan pasokan oksigen dan nutrisi untuk bagi bisa terganggu.

Sayur pakis adalah sumber zat besi yang baik, mineral ini akan membantu meningkatkan jumlah sel darah merah. Sebagian besar zat besi tubuh ditemukan dalam sel darah merah darah yang disebut hemoglobin, protein yang membawa oksigen ke organ lain.

Baca Juga:  Program Sekolah Perempuan Dianggap Diskriminatif, Ini Penjelasan Emil

Kedua. Meningkatkan Kesehatan Jantung – Manfaat sayur pakis yang menakjubkan lainnya datang berkat kandungan kalium dan niasin, yang mana kedua nutrisi ini berkontribusi pada kesehatan jantung.

Mengutip Journal of the American Society of Nephrology, kalium membantu menstabilkan tekanan darah karena tekanan darah tinggi menyebabkan stroke dengan merusak pembuluh darah otak.

Baca Juga:  Musda XV KNPI Jabar 2021, Ridwan Kamil Sampaikan Hal Ini

Ketiga. Mencegah Kanker – Seperti kebanyakan sayur hijau lainnya, sayur pakis juga kaya akan kandungan antioksidan sehingga sayuran ini diduga memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit kanker.

Antioksidan seperti beta-karoten, vitamin A dan vitamin C melindungi sel dari radikal bebas penyebab kanker dan menstabilkan radikal bebas, sehingga menurunkan risiko kanker. (Red)