Tips Merawat Burung Pipit Agar Sering Berkicau, Lakukan Cara Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Burung pipit atau emprit merupakan salah satu unggas pemakan biji-bijian. Biasanya hewan ini banyak ditemukan di area persawahan. Terutama saat menjelang panen padi.

Untuk merawat burung pipit agar sering berkicau dan tidak mudah mati, ada banyak cara yang bisa kalian lakukan. Dengan tahu cara merawatnya, kalian bisa menghasilkan burung pipit yang berkualitas. Lalu, bagaimana cara merawatnya?

Berikut beberapa cara merawat burung pipit agar sering berkicau yakni:

Pertama. Memelihara Burung Emprit Sejak Anakan – Anda bisa dengan mudah menemukan sarang burung emprit di pepohonan sekitar rumah Anda atau tempat-tempat seperti hutan muda.

Baca Juga:  Kemenhub Cabut Kapasitas Angkut Maksimal 70 Persen, Tertuang di SE Ini

Jadi hal ini bukan hal sulit dilakukan untuk mendapat burung emprit anakan. Lalu, kalian bisa merawat anakan tersebut hingga besar dan bisa berkicau.

Kedua. Pilih Anakan Yang Berkelamin Jantan – Ketika Anda mendapatkan burung emprit anakan, biasanya dalam satu sangkarnya bisa terdapat anakan hingga sampai 4 atau 5 ekor.

Untuk itu Anda harus merawatnya semua agar dapat memastikan kelamin jantannya ketika anakan burung sudah dewasa. Jika jantan maka tubuh burung emprit akan lebih besar dari betinanya.

Baca Juga:  Sinergikan BUMD Jabar dan Krakatau Steel, Ridwan Kamil Dorong Pemulihan Ekonomi

Ketiga. Pelihara Dengan Asupan Makanan Yang Pas – Syarat utama untuk merawat anakan burung pipit tentu saja asupan makanan yang cukup dan tepat. Anda dapat memberikan makan pada anakan ketika mereka lapar.

Anda bisa memberikan pakan seperti sereal dari bahan beras merah dan sangat mudah Anda temukan di toko kelontongan sekitar Anda.

Baca Juga:  Meike Yolanda, Penyanyi Asal Yogyakarta dengan Lagunya 'Bertepuk Sebelah Tangan'

Keempat. Melatih Burung Pipit Bonding Dan Freefly – Anda bisa melatih burung emprit agar bisa bonding dan freefly sebenarnya pada waktu masih anakan muda. Artinya pelatihan ini dilakukan saat anakan burung emprit sudah bisa bergerak kesana kemari namun belum bisa makan dengan sendirinya.

Metodenya sangat mudah, Anda hanya tinggal menunggu waktu mereka lapar. Kemudian pancing anakan burung emprit muda tersebut dengan suara siulan atau peluit dan makanan ditangan Anda. (Red)