TPHD Pangandaran Berangkat Mandiri

JABARNEWS | PANGANDARAN – Pemberangkatan para pembimbing atau Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) di Pangandaran ternyata tidak dianggarkan dalam APBD.

Hal itu dibenarkan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Pangandaran, Agus Amsar, bahwa TPHD hanya difasilitasi untuk kuota kursi saja sedang ongkos haji dibayar oleh petugas yang berangkat secara mandiri.

Baca Juga:  Tiga Jenis Kegiatan Bermanfaat Yang Bisa Dilakukan Ketika Isolasi Mandiri

“Setiap tahun pemberangkatan pembimbing haji di Pangandaran tidak ada dalam APBD,” katanya, dikutip harapanrakyat.com, Senin (28/5/2018).

Lanjut Agus, perlu diketahui, TPHD adalah petugas yang membimbing jamaah haji dan bertugas sebagaimana penunjukkan dari Panitia Penyelenggaran Ibadah Haji (PPIH) melalui keputusan Bupati.

Baca Juga:  Ini Cara Pemanfaatan Minyak Zaitun Untuk Kecantikan

Sementara itu, untuk kuota jamaah haji sesuai Surat Keputusan Gubernur sebanyak 385 dan penambahan 1 petugas dari TPHD yang jika ditotal sebanyak 386 jamaah.

“Jadi, APBD hanya menganggarkan biaya pemberangkatan dan penjemputan saja yang mencapai Rp.450 juta. Adapun kewenangan yang menunjuk TPHD itu dari Bupati, dan dua tahun sebelumnya oleh eksekutif. Satu tahun terakhir ditunjuk oleh DPRD dan tahun ini rencananya oleh Ulama,” bebernya. (Vie)

Baca Juga:  Sekda Jabar: Masuki Era Digital, Ibu-Ibu Harus Melek Teknologi

Jabarnews | Berita Jawa Barat