3 Amalan Ini Diyakini Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak

3 Amalan yang diyakini bisa meningkatkan kecerdasan otak.
3 Amalan yang diyakini bisa meningkatkan kecerdasan otak. (foto: istimewa)

Berikut merupakan beberapa hal yang diyakini dapat meningkatkan kecerdasan otak, yaitu:

  1. Sholat

Selain bagian dari ibadah kepada Allah SWT, sholat bisa menjadikan hati tenang dan kondisi lebih rileks. Tak heran jika banyak orang meyakini ketika belajar setelah sholat, pelajaran lebih gampang masuk, terutama setelah sholat tahajud dan sholat subuh.

Selain itu, gerakan sholat bisa mengalirkan darah ke otak lebih sempurna, dan itu terjadi ketika kita bersujud. Seorang pakar neurosains, Prof Taruna Ikrar mengatakan, sujud dapat meningkatkan saturasi oksigen, nutrisi, dan elektrolit ke dalam fungsi otak.

  1. Membaca Alquran
Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Untuk Virgo, Libra dan Scorpio

Menurut penelitian di barat seorang yang hafal Alquran itu kecerdasannya meningkat 3 kali lipat. Menurut Dr. Al-Qadhi membaca Alquran selepas maghrib dan subuh dapat meningkatkan kecerdasan otak hingga 80%.

Alquran juga bisa mempengaruhi kondisi IQ, EQ, dan SQ seorang bayi jika diperdengarkan padanya. Sebaliknya jika diperdengarkan kepada orang dewasa, ia bakal jadi lebih tenang, lebih damai, lebih rileks. Intinya pengaruh banget lah sama emosi orang tersebut.

  1. Puasa
Baca Juga:  Distribusi Produk Pertanian Tak Efisien Rugikan Petani

Sebagian orang berpendapat, puasa hanya mendatangkan rasa lapar dan lemas hingga tidak produktif. Padahal di balik itu, ketika kita sedang berpuasa, makanan yang masuk ke dalam tubuh akan berkurang. Dengan begini efeknya kadar darah dan oksigen yang biasa masuk ke pencernaan banyak berkurang.

Lalu, darah dan oksigen itu akan lebih maksimal memasuki bagian-bagian tubuh manusia yang lebih membutuhkan, terutama otak.

Baca Juga:  Ada Harta Karun Di Laut Cirebon

Naah karena inilah puasa bisa meningkatkan kinerja otak. Jadi intinya salah satu cara meningkatkan kecerdasan adalah dengan meningkatkan taqwa kepada Allah.

Kenapa ujung-ujungnya jadi beribadah? Iya memang seperti itu. Alquran sendiri yang memberitahu melalui surah Albaqarah ayat 282 :

“Dan bertakwalah kepada Allah, Allah memberikan pengajaran kepadamu, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”. (red)