3 Makanan Ini Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Bayam dan selada bisa menurunkan tekanan darah secara alami
Bayam dan selada bisa menurunkan tekanan darah secara alami. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Tekanan darah tinggi adalah salah satu masalah kesehatan umum yang dapat memengaruhi siapa saja. Dalam keadaan ini, tekanan darah dalam tubuh seseorang melampaui batas normalnya.

Tekanan darah tinggi yang tidak terkendali dapat berpotensi menyebabkan masalah serius, termasuk stroke, penyakit jantung, dan gagal ginjal.

Baca Juga:  Teknik Breathwork, Cara Sederhana Mengatasi Stres melalui Pernapasan

Oleh karena itu, menjaga tekanan darah dalam kisaran normal, dengan tekanan darah sistolik di bawah 120 dan tekanan darah diastolik di bawah 80, adalah hal yang sangat penting.

Baca Juga:  Mengenal Ragam Manfaat Selada Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Tekanan Darah

Bagaimana kita dapat mencapai tekanan darah yang sehat tanpa perlu obat? Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang dapat secara alami membantu menurunkan tekanan darah. Berikut beberapa jenis makanan yang terbukti membantu menurunkan tekanan darah:

Baca Juga:  Hitungan KPUD, Paslon Sukarno Menang Telak

Makanan Kaya Kalium: Penelitian yang dimuat dalam International Journal of Cardiology pada tahun 2017 menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang kaya kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah pada individu yang menderita hipertensi.