Begini Cara Korem 063/SGJ Bina Tata Ruang Wilayah

JABARNEWS | KOTA CIREBON Korem 063/SGJ akan membantu pemerintah mempersiapkan potensi nasional menjadi kekuatan ketahanan nasional. Itu dilakukan sebagai upaya pemberdayaan wilayah pertahanan di darat.

Hal tersebut mengemuka dalam kegiatan sosialisasi pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat dan menghimpun, menyusun, dan inventarisasi data perlawanan wilayah (Wanwil) TA 2018, Jumat (21/9/2018).

Danrem 063/SGJ Kolonel Arm. Maryudi S.Sos didampingi Kasi Ter Korem 063/SGJ Mayor, Inf. Martky Jaya Perangin Angin mengatakan, dalam operasi militer selain perang (OMSP), adalah persiapan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukung secara dini.

Baca Juga:  Ketua FKUB serta AJTI Papua Prihatin Pemberitaan Televisi terkait Demo

’’Hal itu sesuai dengan sistem pertahanan semesta raya upaya membangun, memelihara, meningkatkan, dan memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat,’’ tuturnya.

Melalui persiapan itu, dilaksanakan Satkowil yang berkoordinasi dengan Bappeda. Hal itu melalui pembinaan terhadap sumber daya nasional. Yang meliputi, pembinaan geografi, pembinaan demografi, dan pembinaan kondisi sosial.

Baca Juga:  Jelang Pemilu 2019, Resimen Armed 2/1 Kostrad Terjunkan 600 Personel

Hal ini dilakukan dengan cara menghimpun, menyusun dan inventarisasi data Wanwil dengan menggunakan metode Komsos dan Wanwil. Melalui kegiatan sosialisasi, ceramah, pendataan dan pengawasan, akan terrealisasi data-data yang valid, akurat dan up to date.

’’Untuk itu salah satu tujuan kegiatan sosialisasi yang kita laksanakan ini untuk menyamakan persepsi antara Korem dengan kodim-kodim. Sebagai tindak lanjut dari sosialisasi ini kodim-kodim segera melakukan koordinasi melekat dengan Bappeda,’’ katanya.

Baca Juga:  Mahasiswa Unma Kenalkan Aplikasi Autocad

Sebab, dalam menyusun tata ruang wilayah dapat disesuaikan antara kepentingan pertahanan dengan kepentingan pembangunan oleh Pemda .

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Para Kasi Korem 063/SGJ, Para Pasi Kodim jajaran Korem 063/SGJ, Para perwakilan Danramil dan Babinsa Kodim jajaran Korem 063/SGJ, Para Bati Kodim jajaran serta Bati Makorem 063/SGJ. (One)

Jabarnews | Berita Jawa Barat