Dewaweb, Penyedia Cloud Pertama di Indonesia yang Bersertifikasi ISO 27001 untuk Layanan Cyber Security Operation Center (SOC)

Dewaweb (Foto: ist)

JABARNEWS | BANDUNG – Keamanan data sudah menjadi hal penting yang wajib diperhatikan di dunia cyber. Sebagai penyedia hosting yang peduli dengan keamanan cyber, Dewaweb selalu berusaha untuk memastikan keamanan data pelanggan. Oleh karena itu, tahun ini Dewaweb kembali meraih sertifikat ISO 27001, standar untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi.

Berdasarkan data temuan Tim Cyber Security Operation Center (SOC) Dewaweb, ancaman serangan cyber kini semakin tinggi, pintar, dan berbahaya. Ancaman ini muncul dalam berbagai bentuk, seperti malware, ransomware, bad bots, DDoS, phishing hingga exploits.

Baca Juga:  Upaya Berantas Calo Pemkab Cianjur Buka Investasi Sehat

Laman TheJakartaPost mencatat, setidaknya 6 juta data penduduk Indonesia bocor setelah penyerang menargetkan sistem komputer utama Kementerian Kesehatan RI pada Januari 2022. Informasi seperti data jaminan sosial, jenis laboratorium dan perawatan medis, serta nama karyawan rumah sakit dilaporkan telah dibobol.

Baca Juga:  DPR Yakin Jika Presiden Berikan Amnesti Baiq Nuril

Di bulan yang sama, terjadi pula dugaan kebocoran 3,5 juta data set keimigrasian, termasuk detail paspor WNA, dari Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM. Bahkan, ancaman serangan cyber juga mulai menargetkan organisasi intelijen Indonesia, yaitu Badan Intelijen Negara (BIN).

Baca Juga:  Pulau Widi Dilelang di New York, Pemprov Maluku Bekukan Sementara Izin PT LII

Meski serangan cyber sudah mengutamakan target ke instansi pemerintah, namun masih banyak perusahaan dan instansi pemerintah Indonesia yang belum menyadari pentingnya keamanan cyber. Selain itu, Indonesia juga belum memiliki Tim Cyber Security Operation yang kompeten dan siap menghadapi berbagai ancaman.