Hindari Beberapa Minuman Ini Saat Masa Kehamilan

JABARNEWS | BANDUNG – Ada beberapa pantangan makanan yang tidak boleh ibu hamil konsumsi, diantaranya adalah buah nanas, sayuran yang tidak dicuci, daging olahan dan lain sebagainya. Diantara banyaknya pantangan makanan yang tak boleh dikonsumi, ada beberapa minuman pula yang perlu dibatasi takaran konsumsinya saat masa kehamilan atau akan lebih baik anda menghindarinya.

Berikut di bawah ini adalah beberapa jenis minuman yang disarankan untuk dihindari saat masa kehamilan, diantaranya:

Soft Drink

Minuman bersoda memang sangat menggiurkan jika diminum saat siang hari dengan terik matahari yang menyengat, namun anda harus hati-hati dengan kandungan kafein, pemanis, dan bahan-bahan pengawet lain di dalam minuman bersoda. Diet soda yang mengandung pemanis buatan juga tidak disarankan untuk diminum oleh ibu hamil. Jika anda ingin minum minuman yang dapat menyegarkan, sangat disarankan untuk meminum minuman dari bahan alami yang masih segar, seperti jus buah buatan sendiri tanpa pemanis buatan.

Baca Juga:  Kebocoran Data 270 Juta WNI di BPJS Kesehatan Masuki Tahap Penyidikan

Susu yang Belum Dipasteurisasi

Ketika anda akan membeli susu dalam kemasan, ada baiknya anda cek dan baca labelnya terlebih dahulu. Jangan sampai anda membeli susu yang belum dipasteurisasi, selalu pilih susu yang sudah terjamin dan juga terbebas dari bakteri jahat untuk diminum selama masa kehamilan.

Baca Juga:  Warning Untuk Pendatang, Juli Sampai Oktober Ada Operasi Yustisi

Teh Hijau

Tanaman teh yang memang tergolong aman karena kaya antioksidan ternyata dapat menghambat proses penyerapan asam folat dan berisiko membuat ibu dan bayi dalam kandungan kekurangan asam folat. Menurut salah seorang ahli gizi Deepshikha Agarwa memaparkan bahwa saat hamil, metabolisme tubuh terbilang tinggi, dan mengonsumsi teh hijau dapat membuat metabolisme lebih cepat dan hal ini kurang baik.

Minuman Berkafein

Sebaiknya anda membatasi meminum teh dan kopi saat masa kehamilan, maksimal dua cangkir dalam sehari. Konsumsi kafein berlebihan dalam masa kehamilan khususnya di trimester pertama dapat meningkatkan risiko keguguran dan gangguan kesehatan pada janin.

Baca Juga:  Petugas Bubarkan Kontes Sabung Ayam di Bekas Mal Kota Bogor

Air Es

Disarankan agar anda dapat menghindari konsumsi air es pada masa kehamilan. Hal tersebut karena air es dapat menyebabkan volume air ketuban menjadi meningkat sehingga akan berdampak buruk terhadap penyerapan nutrisi bagi janin.

Itulah tadi beberapa minuman yang tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Semoga info di atas bermanfaat bagi anda. (Red)

 

Sumber berita ini diambil dari vemale.com