Inilah Jajaran Gunung Tertinggi Di Dunia Selain Everest

JABARNEWS | BANDUNG – Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal.

Beberapa otoritas mendefinisikan gunung dengan puncak lebih dari besaran tertentu misalnya, Encyclopedia Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung. Sebuah gunung biasanya terbentuk dari gerakan tektonik lempeng, gerakan orogenik atau gerakan epeirogenik. Pegunungan merupakan kumpulan atau barisan gunung.

Dilansir dari beberapa sumber, Berikut beberapa nama gunung tertinggi di dunia:

1. Nepal, Gunung Everest – Gunung Everest dengan ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut berlokasi di perbatasan Nepal dan Tibet. Inilah gunung tertinggi di dunia.

Ada apa di sana selain jalur sempit dan udara yang dengan oksigen tipis hingga membuat begitu banyak pendaki dari seluruh dunia ingin menapaki puncaknya. Gunung Everest pertama kali diskalakan pada tahun 1953 dan tetap menjadi tempat sampah tertinggi di dunia. Tahun lalu, 11 orang meninggal karena antrian di Death Zone.

Baca Juga:  Bank bjb Bantu CSR Kota Tangerang, Bangun Lapangan Jogging Track

Pendaki membutuhkan butuh waktu selama 45 hari untuk menggapai puncak Everest dengan biaya sekitar USD 100 ribu. South Ridge adalah jalur populer di antara 20 rute dan 800 pendaki juga pemandu mencapai puncaknya.

2. Amerika Utara, Gunung Denali – Gunung Denali memiliki ketinggian 6.190 meter di atas permukaan laut. Gunung itu berada di Alaska tengah selatan. Puncak tertinggi di Amerika Utara ini sebelumnya bernama Gunung McKinley. Alaska Range sepanjang 965 kilometer ini cukup besar untuk menciptakan pola cuacanya sendiri, seperti angin sekencang 150 mph dan suhu -69 celcius di cuaca yang brutal.

Para ilmuwan mengatakan bahwa ketinggian Gunung Denali masih meningkat, yakni setengah milimeter per tahun. Kalau dalam empat juta tahun nanti gunung ini akan 1,6 kilometer lebih tinggi.

3. Nepal, Gunung Makalu – Gunung Makalau yang berada 19 km arah tenggara Everest. Gunung Makalu memiliki tinggi 8.485 meter yang membuatnya mendapat posisi sebagai gunung tertinggi kelima di dunia. Makalu sendiri dikenal puncaknya yang membentuk piramida.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Untuk pemilik Rasi Bintang Aries, Taurus dan Gemini

Namun karena wilayah gunung ini sedikit terisolir dari gunung-gunung lain di Nepal, ditambah dengan trek pendakian yang curam, membuat Makalu jadi salah satu gunung dengan trek tersulit di dunia.

4. Pakistan, Gunung K2 – Gunung K2 menjadi gunung tertinggi kedua dengan ketinggian mencapai 8.611 meter, sekaligus menjadi satu-satunya gunung yang tidak berada di Nepal. Meski ‘hanya’ mendapat rangking kedua, tapi siapa sangka jika gunung ini menewaskan lebih banyak pendaki dibandingkan dengan Everest. Gunung K2 memiliki trek yang ekstrem dan membuatnya mendapatkan posisi kedua sebagai gunung dengan tingkat kematian tertinggi.

5. Afrika, Gunung Kilimanjaro – Memiliki ketinggian sekitar 5.895 di atas permukaan laut, Gunung Kilimanjaro menjadi salah satu gunung tertinggi di dunia yang berada di Tanzania Utara, Afrika. Gunung tersebut telah diakui menjadi salah satu keajaiban dunia dengan jumlah pendaki tiap tahunnya mencapai angka lebih dari 50.000 partisipan. Gunung Kilimanjaro yang juga dikenal dalam bahasa Masai sebagai Kilima Dscharo atau Oldoinyo Oibor ini sebenarnya adalah gunung Merapi yang sudah tidak aktif lagi.

Baca Juga:  Satu Korban Kebakaran Kilang Balongan Dikabarkan Meninggal Dunia

Para pendaki tak hanya bisa memenuhi impian mendaki salah satu puncak gunung tertinggi di dunia ketika mengunjungi Gunung Kilimanjaro, tapi juga bisa melihat kekayaan ekologi yang beragam, mulai dari hutan hujan tropis, padang rumput, padang pasir, sabana, hingga salju. Kalau kamu tertarik untuk mendaki Gunung Kilimanjaro yang berada di Afrika, datanglah ketika musim kemarau antara akhir Juni hingga Oktober.

6. Russia, Gunung Elbrus – Gunung Elbrus menjadi salah satu gunung paling tinggi di dunia dengan ketinggian 5.642 meter di atas permukaan laut. Dalam mitos Yunani, Gunung Elbrus dikenal sebagai tempat Zeus merantai lengan Prometheus karena mencuri api para dewa.

Gunung tertinggi di dunia ini berlokasi di Rusia serta menjadi bagian dari Pegunungan Kaukasus yang membagi benua Asia dan Eropa. Untuk mencapai puncak gunung ini, kamu membutuhkan waktu sekitar enam hingga sembilan jam dengan jalur pendakian paling populer melalui bagian selatan gunung. Kalau kamu tertarik mendaki salah satu gunung paling tinggi di dunia ini, datanglah ketika musim panas.

Penulis: Muhammad Amaludin