Inilah Penyebab Air Sungai Cibeet di Karawang Menghitam dan Bau Tak Sedap

Sungai Cibeet Karawang (1)
Kondisi air Sungai Cibeet Karawang menghitam dan mengeluarkan batu tak sedap. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ KARAWANGSungai Cibeet yang mengalir di Desa Wanakerta, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menghadapi ancaman serius akibat kondisi airnya yang menghitam dan mengeluarkan bau busuk yang menyengat.

Warga yang merasa terganggu dengan kondisi ini langsung turun tangan untuk mencari penyebab pencemaran Sungai Cibeet ini.

Baca Juga:  Jadwal Buka Puasa dan Sholat Wilayah Purwakarta, Subang, Karawang Jumat 31 Maret 2023

Sungai Cibeet, yang sebelumnya menjadi sumber air bagi puluhan ribu warga di tiga desa, yaitu Desa Wanajaya, Wanakerta, dan Mekarmulya, kini telah tercemar limbah sehingga tidak dapat dimanfaatkan lagi. Bau busuk yang menyengat membuat kualitas hidup warga semakin memburuk.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Karawang Hari Ini

Pjs Kepala Desa Wanakerta, Suherman, mengeluhkan bahwa air Sungai Cibeet sudah menjadi berwarna hitam pekat dengan bau yang sangat tidak nyaman.

Baca Juga:  Masih Ingat Siswi Penjaga Palang Kereta Api di Serdang Bedagai? Kini Jadi Pahlawan

“Air sungai berwarna hitam pekat dan bau menyengat setiap malam. Kami menduga limbah dibuang setiap malam agar tidak ketahuan masyarakat. Tapi baunya kan tidak bisa ditutupi karena sangat menyengat hidung setiap malam kami sulit tidur,” tutur Suherman.