Jarang Disadari Ini Gejala Awal Kanker Prostat Pada Pria

ilustrasi Kanker prostat

JABARNEWS | BANDUNG – Gejala atau tanda awal kanker prostat sering kali tidak disadari sehingga banyak pasien yang datang ke dokter saat sudah kronis.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat menyebut salah satu gejala kanker prostat adalah susah buang air kecil. Meskipun ini bisa jadi tanda pembesaran prostat, yang non-kanker, Anda tetap disarankan untuk segera memeriksakan diri.

Indikasi lainnya yang mungkin muncul dari kanker prostat adalah aliran urine yang lemah atau terputus. Peningkatan frekuensi buang air kecil bisa menjadi masalah, terutama jika Anda terbangun pada malam hari untuk buang air kecil yang tak tertahankan.

Adapun gejala lain yang harus diwaspadai termasuk buang air kecil yang terasa menyakitkan, dan mungkin ada sensasi terbakar. Kanker prostat juga dapat menyebabkan kesulitan mengosongkan kandung kemih sepenuhnya, atau terdapat darah dalam urine.

“Ejakulasi yang menyakitkan atau terdapat darah dalam air mani juga bisa menjadi tanda tumor kanker di prostat. Lalu rasa sakit yang terus-menerus di punggung, pinggul, atau panggul bisa jadi gejala kanker prostat,” ungkap CDC seperti dilansir Express, Jumat (20/1/2023).