Lakukan Ini Jika Mengantuk Saat Bekerja

JABARNEWS | BANDUNG – Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan rasa kantuk menyerang saat bekerja. Kurang istirahat ataupun olahraga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Rasa kantuk yang menyerang kala berada di kantor, tentu dapat membuat anda kurang produktif karena menurunnya daya konsentrasi saat bekerja. Berikut di bawah ini adalah beberapa tips ampuh untuk mengusir rasa kantuk saat bekerja yang dapat anda coba, diantaranya:

Cobalah Untuk Keluar Ruangan

Memandangi layar laptop secara terus menerus memang akan membuat mata menjadi lelah. Alangkah baiknya jika anda meluangkan waktu sejenak ke tempat terbuka, guna mengusir rasa kantuk. Jika tidak memungkinkan, anda dapat berjalan cepat mengitari wilayah kantor demi membuat mata tetap terjaga. Dengan berjalan cepat, maka tempo detak jantung akan meningkat. Inilah yang dapat mengusir rasa kantuk sehingga anda dapat lebih fokus dalam bekerja.

Baca Juga:  Anies Ungkap Alasannya Tak Ajak Bicara AHY dalam Penentuan Cawapres Cak Imin

Melakukan Olahraga Ringan

Kurangnya olahraga pun dapat membuat anda mudah mengalami kantuk. Olahraga ringan di sela-sela pekerjaan dapat membuat otot-otot yang tegang kembali merenggang sehingga badan menjadi rileks dan lebih segar. Anda dapat melakukan peregangan tangan di kursi anda atau melakukan push up dengan medium tembok ruangan.

Baca Juga:  Sutrisno Siap Menangkan Jokowi-Ma'ruf‎ Di Majalengka

Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik adalah salah satu cara yang biasanya dilakukan oleh banyak orang. Memndengarkan musik dapat membuat otak anda terus bekerja. Ketika mendengarkan musik dengan tempo cepat, disadari atau tidak maka detak jantung akan meningkat dan membuat anda kembali terjaga. Dengan mendengarkan musik, konsentrasi turut bertambah sehingga anda akan lebih fokus dalam bekerja.

Ubah Posisi Duduk

Menurut penelitian dari Jurnal Health Psychology, posisi tubuh saat bekerja sangat mempengaruhi tingkat energi anda. Posisi duduk yang tegak membuat tubuh lebih energik dari pada posisi duduk yang membungkuk. Salah satu alasannya yaitu karena ketika pada posisi tegak, darah akan lebih mudah mengalir dari pada ketika posisi duduk membungkuk.

Baca Juga:  Gula Merah Beri Cita Rasa Berbeda Pada Kopi

Itulah tadi beberapa tips ampuh untuk mengusir rasa kantuk saat bekerja yang mungkin dapat anda coba. Semoga tips di atas dapat bermanfaat bagi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari berbagai sumber.

Jabarnews | Berita Jawa Barat