Gula Merah Beri Cita Rasa Berbeda Pada Kopi

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam sebuah penelitian, mengganti gula pasir dengan gula merah ternyata dapat memberi cita rasa yang berbeda. Sebagian ada pula yang berpendapat jika gula merah memiliki kandungan yang lebih baik dari gula pasir.

Seorang ahli nutrisi, Jansen Ongko mengatakan bahwa kandungan gula merah dan gula pasir ternyata tidak jauh berbeda. Gula merah dan gula pasir hanya memiliki sedikit perbedaan pada kandungan mineral. Disamping itu, kandungan kalori, 100 gram gula merah dan gula pasir sama-sama mengandung sekitar kurang lebih 300 kalori.

Baca Juga:  Warga Tebing Tinggi Akui Monyet Liar Berkurang Sejak Perangkap Dipasang

Dari perbedaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara jenis dua gula tersebut hanya akan dalam cita rasa saja.

“Kenapa orang pakai gula merah? Karena rasanya. Jika perbandingan indeks glikemik, sebenarnya daya serap ke tubuh sama,” ujar Jansen.

Pria yang juga seorang penikmat kopi tanpa gula ini pun mengungkapkan, cita rasa khas dari gula merah tersebut muncul karena efek dari proses pembuatan. Sehingga ada kandungan molases yang membuat gula yang berwarna cokelat memiliki rasa berbeda dari gula putih.

Baca Juga:  Serikat Pekerja Pertamina Balongan Meradang, Ancam Mogok Nasional

“Padahal ya sama (kalorinya), beda rasa saja,” ungkapnya.

Cara orang menikmati secangkir kopi memang berbeda-beda, sebagian orang mungkin lebih menikmati kopi manis, namun ada pula yang menikmati kopi murni.

Baca Juga:  Warga Terkejut, Gempa Guncang Simalungun dan Mandailing Natal

“Pakai gula atau tidak itu kan selera ya, tapi kalau kamu enggak mau menambahkan asupan kalori, ya dibatasi gulanya,” ujar Jansen.

Para pakar menyarankan, dalam satu hari asupan gula hanya sekitar tiga sendok makan. Dalam setiap satu sendok gula, kira-kira mengandung kalori sebanyak 15 kalori. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari vemale.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat