Lima Amalan Penting untuk Dikerjakan di Bulan Muharram

Lima amalan penting Bulan Muharram
Lima amalan penting Bulan Muharram. (foto: istimewa)

Pada umumnya, umat Muslim menjadikan bulan Muharram sebagai waktu untuk meningkatkan ketakwaan, menghormati peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Islam, dan mendekatkan diri kepada Allah dengan berbagai ibadah dan amalan yang baik.

Bulan Muharram memiliki makna yang khusus dalam agama Islam. Selama bulan ini, terdapat beberapa amalan yang dianjurkan bagi umat Muslim untuk mendapatkan berkah dan keberkahan.

Beberapa amalan bulan Muharram yang bisa dilakukan antara lain:

  1. Puasa Tasu’a dan Ashura: Puasa pada hari ke-9 (Tasu’a) dan hari ke-10 (Ashura) bulan Muharram dianjurkan dalam agama Islam. Rasulullah SAW juga menganjurkan umat Muslim untuk berpuasa pada hari Ashura sebagai bentuk penghapus dosa tahun sebelumnya.
  2. Memperbanyak ibadah: Bulan Muharram adalah waktu yang baik untuk memperbanyak ibadah seperti shalat, membaca Al-Qur’an, dzikir, dan berdoa. Memperbanyak ibadah dalam bulan ini dapat mendekatkan diri kepada Allah dan mendapatkan keberkahan.
  3. Bersedekah: Bulan Muharram juga merupakan waktu yang tepat untuk bersedekah dan berbagi kepada sesama. Melakukan amal kebaikan dan memberikan sedekah kepada yang membutuhkan dapat membantu kita mendapatkan pahala dan memberikan manfaat kepada orang lain.
  4. Merenungkan kisah Karbala: Peristiwa Karbala yang terjadi pada bulan Muharram memiliki nilai penting dalam sejarah Islam. Merenungkan dan mempelajari kisah ini dapat memberikan pelajaran moral, keberanian, dan kesabaran dalam menghadapi cobaan.
  5. Menjaga akhlak dan sikap saling toleransi: Bulan Muharram juga menjadi waktu yang tepat untuk meningkatkan kesadaran akan akhlak dan menjaga sikap saling toleransi. Menghormati perbedaan dan menjalin hubungan yang baik dengan sesama umat Muslim serta non-Muslim adalah amalan yang dianjurkan dalam bulan ini.
Baca Juga:  Cegah Polusi Udara, Bappenas Wacanakan Konsep "Kota Hijau" di Ibu Kota Baru

Selain itu, penting juga untuk mengikuti ajaran Islam yang mendasar seperti melaksanakan shalat secara teratur, menjaga puasa, berbuat kebaikan, dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah tidak hanya pada bulan Muharram, tetapi juga sepanjang tahun. (red)

Baca Juga:  Sejarah dan Makna Di Balik Larangan Menikah di Bulan Suro

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News