Manfaat Kencur Sebagai Obat Tradisional Jawa Barat, Salah satunya Atasi Diare

JABARNEWS | BANDUNG – Kencur atau Cikur merupakan salah satu tanaman yang termasuk kedalam jenis empon-empon atau tanaman obat dan tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae).

Selain itu, Kencur juga merupakan salah satu tanaman obat tradisional Jawa Barat yang dipercaya banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Tentunya Hla tersebut bisa kalian manfaatkan sebagai obat alami.

Oleh Sebab itu berikut beberapa manfaat kencur sebagai obat tradisional Jawa Barat yakni:

Pertama. Rematik dan pegal linu – Manfaat kencur sebagai obat tradisional Jawa Barat Yang pertama yani atasi rematik dan pegal linu. Rematik bisa menyerang siapa saja tanpa memandang jenis kelamin.

Baca Juga:  Soal Komposisi Pemain Asing Di Persib Bandung, Ini Kata Robert Alberts

Hal tersebut terjadi karena kencur kaya akan minyak atsiri dan antioksidan yang dipercaya efektif sebagai obat herbal rematik. Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup merebus 10 gram-30 gram kencur sampai mendidih. Setelah hangat, anda minum air rebusan kencur secara sekaligus.

Baca Juga:  Berdasarkan Ramalan Zodiak Keuangan 11 Juni 2022, Pemilik Rasi Bintang Sagitarius dan Capricorn

Kedua. Batuk – Manfaat Kencur sebagai obat tradisional jawa barat yang kedua yakni bisa obati batuk. Hal ini terjadi karena kencur memiliki efek farmakologis anti batuk. Tentunya hal tersebut yang membuat kencur dipercaya efektif meredakan batuk.

Melansir dari buku berjuduk Daftar Tanaman Obat Indonesia & Khasiatnya, karya Nafan Akhun, Kalian bisa meminum air perasan dari kencur sebagai salah satu obat batuk tradisional Jawa Barat.

Ketiga. Diare – Manfaat Kencur sebagai obat tradisional Jawa Barat yang ketiga yakni bisa atasi diare, Setiap orang pasti merasa tidak nyaman saat menderita diare. Maklum saja, diare membuat tubuh menjadi lemas karena kehilangan banyak cairan tubuh.

Baca Juga:  Bareskrim Polri Selidiki Penyebab Terjadinya Pemadaman Listrik

Kencur efektif sebagai obat herbal untuk diare, solusi untuk Anda yang enggan minum obat kimia. Namun apabila diare kalian yang alami masih saja tetap terjadi, disarankan untuk segera pergi ke dokter. (Red)