Menakjubkan! Ini Tampilan Kreasi Seni Anak SLB Majalengka

JABARNEWS | MAJALENGKA – Dengan berbagai keterbasan fisiknya, anak-anak Sekolah Luar Biasa (SLB) YPIB Majalengka tampil memukau dengan kreasi seni tarinya. Sebetulnya ada kreasi seni lainnya, yakni melukis, mewarnai, baca puisi dan menyanyi. Namun yang tampak memukau ketika tampil dalam menari dan baca puisi.

Misalnya, ketika tamu undangan, saat penampilan dari Dede Rosis, yang menyanyikan lagu sendu. Dede yang tak punya lengan mampu memainkan harmonika dengan luwesnya. Diketahui Dede sering tampil di acara-acara tertentu dan selalu hadir ketika mendapatkan undangan. Rencananya, Dede ini akan masuk untuk kelas SMA di SLB tersebut.

Baca Juga:  Dijamin Ketagihan, Di Purwakarta Ada Pentol Ceker Rusuk Lada

Kepala SLB YPLB Majalengka, Sri Aminah mengatakan, ‎kegiatan festival literasi dan kreasi seni untuk anak-anak SLB ini sengaja digelar. Yang ikut lomba adalah anak-anak Tunagrahita, Tunarungu, Tunanetra serta orangtua juga dilibatkan. Orangtua dilibatkan karena mereka lebih dekat, sekaligus menjalin keakraban antara anak dan orangtuanya.

“Ini kegiatan perdana dan ‎memungkinkan akan berlanjut, mengingat responnya antusias dan melibatkan banyak pihak,” ungkapnya, Jumat (25/1/2019).

Baca Juga:  Tuan Rumah Petik Kemenangan Pertama Di Seri III Putaran Pertama Proliga 2019

Kasie Seksi Pengawasan Pendidikan wilayah 9 dari Provinsi Jawa Barat, P. Pakpahan mengatakan, kegiatan festival literasi dan seni ini bermuara dan berdasar terhadap kualitas pendidikan, terkhusus untuk anak-anak sekolah luar biasa. Pihaknya menyambut baik dan positif, sebab pemprov juga konsen mengembangkan seni budaya.

“Program lainnya, yakni SLB juara, ‎supaya mereka, anak-anak SLB ini juga bisa bersaing dengan anak-anak pada umumnya,” ujarnya.

Bahkan, Ketua Dewan Kesenian dan Kebudayaan Majalengka (Dekkma), Asikin Hidayat ‎yang hadir dalam acara tersebut, ketika hendak memberikan sambutan terlihat canggung karena menitikkan air mata haru. Namun, pihaknya memastikan tampilan anak-anak SLB sangat menakjubkan.

Baca Juga:  Walhi Jabar: Program Rindu Ancam Petani Kehilangan Garapan

“Kegiatan ini positif, bahkan bisa bersaing dengan anak-anak lain pada umumnya. ‎Bahkan, jika memungkinkan teruslah agendakan kreasi festival seni ini di lain waktu. Potensi anak-anak SLB ini juga perlu diapresiasi dan diberi penghargaan,” ujarnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat