Menikmati Pesona Alam Situ Patenggang, Sebagai Objek Wisata Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Berjuluk sebagai kota Kembang, Bandung ternyata memiliki segudang destinasi wisata alam. Salah satunya yaitu Situ Patenggang yang bisa kalian kunjungi pada saat liburan.

Situ Patenggang merupakan salah satu destinasi wisata alam Bandung, yang terletak di jalan raya Ciwidey-Rancabali, Kampung Patengan Baru, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Di sana, kalian bisa menemukan keindahan alami dari danau atau situ yang memiliki luas 450 km² dengan berada di ketinggian sekitar 1600 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Maka, tah keran jika destinasi wisata ini memiliki udara yang sejuk. Disamping itu, danau atau situ Patenggang ini dikelilingi oleh hamparan perkebunan teh yang luas dan hijau. Hal tersebut, merupakan salah satu daya tarik dari objek wisata ini.

Baca Juga:  Pengemudi Sepeda Motor Tewas Terlindas Truk

Selain itu, disana kalian bisa berkeliling danau tersebut menggunakan perahu yang bisa kalian sewa. Dengan begitu kalian tidak harus berjalan kaki mengitari setiap sudut dari danau ini.

Bagi yang tertarik untuk berkunjung ke lokasi wisata situ Patenggang ini, kalian harus membayar tiket sebesar Rp 25.000, dengan begitu kalian bisa leluasa untuk menikmati keindahan dari situ patenggang ini.

Baca Juga:  Ribuan Goweser Meriahkan Peringatan HUT Subang Jawara

Di Objek wisata situ patenggang ini terdapat juga legenda rakyat yang tersimpan di baliknya. menurut legenda tersebut, nama tempat ini berasal dari kisah Ki Santang dan Dewi Rengganis yang harus terpisah. Mereka berupaya untuk saling mencari, hingga pada suatu hari dipertemukan di sini.

Patenggang disebut berasal dari kata ‘pateang-teangan’ yang berarti saling mencari. Setelah bertemu, Rengganis meminta Ki Santang membuatkan danau beserta pulau kecil di tengahnya. Dan kini daratan tersebut bernama pulau Sasuka atau lebih dikenal dengan sebutan Pulau Asmara.

Baca Juga:  Ini Dia iPhone X Series Dari Apple

Di tengah danau terdapat sebuah tempat yang disebut wisatawan sebagai Pulau Asmara. Dalam bahasa Sunda tempat tersebut disebut dengan Pulau Sasuka. Konon, di sinilah dimulai sekaligus berakhirnya perjalanan kisah cinta Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Sungguh menarik bukan legenda dan pesona alam dari destinasi wisata Situ Patenggang ini. Sebaiknya, saat ini kalian telah memasukan nama Situ Patenggang kedalam destinasi wisata yang akan kalian kunjungi. (Mal)