Menstruasi Tidak Teratur, Ini Cara Mengatasinya Secara Alami

Mengatasi menstruasi tidak teratur
Mengatasi menstruasi tidak teratur. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Menstruasi merupakan suatu proses fisiologis yang terjadi pada tubuh wanita secara bulanan. Umumnya proses ini terjadi saat wanita tidak hamil dan merupakan bagian normal dari fungsi reproduksi wanita.

Proses menstruasi biasanya berlangsung selama beberapa hari dan menandai akhir dari siklus menstruasi yang terjadi secara periodik pada sebagian besar wanita setiap bulannya. Namun dalam kenyataanya, proses periodic menstruasi setiap wanita tidak sama.

Baca Juga:  Bulog Indramayu Sebut Ada 37 Ribu Ton Beras, Stok Setahun Mendatang

Beberapa wanita mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, di mana mungkin selama 1 atau 2 bulan mereka tidak mengalami haid. Menurut informasi dari Healthline, siklus menstruasi normal biasanya berlangsung dalam rentang 21 hingga 35 hari.

Baca Juga:  Ini Dia Bahaya Orang Tua Tidur Bersama Bayi Menurut Bidan Kriwil, Diantaranya Sebabkan Kematian Mendadak

Ketika seorang wanita tidak mengalami menstruasi pada periode yang seharusnya, kondisi ini disebut amenore. Jika seorang wanita tiba-tiba tidak mengalami haid selama 3 hingga 6 bulan, tetapi tidak hamil, maka ia mengalami amenore.

Baca Juga:  Pemkab Putar Otak Atasi Kekeringan

Penyebab ketidaklancaran haid ini dapat bervariasi, termasuk stres, berat badan yang tidak normal (baik itu kurus atau gemuk), sindrom ovarium polikistik (PCOS), dan diabetes. Selanjutnya, artikel ini akan memberikan ringkasan tentang berbagai bahan yang dapat membantu melancarkan menstruasi.