Militansi dan Kejuangan Abah Aray, Sosok Kader Partai Golkar Purwakarta  yang Humanis

Andhi Prasetyadi Kusumah atau Abah Aray.
Andhi Prasetyadi Kusumah atau Abah Aray. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ PURWAKARTAPolitik adalah upaya yang dilakukan oleh warga negara untuk mencapai kebaikan bersama. Salah satu definisi politik menurut teori klasik Aristoteles adalah urusan penyelenggaraan pemerintahan publik dan negara.

Tak jarang politik juga sering dianggap sebagai proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik pemerintahan. Ini pula yang menjadi alasan bagi setiap orang untuk memahami politik.

Baca Juga:  Waw!!! Sepanjang 2022 Pengadilan Agama Purwakarta Tangani Ribuan Kasus Perceraian

Saat ini politik merupakan fenomena yang erat hubungannya dengan kehidupan manusia dalam bermasyarakat. Pengertian politik melibatkan segala hal terkait urusan, kebijakan, strategi, dan sebagainya yang berhubungan dengan pemerintahan.

Baca Juga:  Deretan Nama Calon Pj Bupati dan Wali Kota untuk 6 Daerah di Jawa Barat  

Gabriel A. Almond mendefinisikan politik sebagai kegiatan yang terkait dengan pengaturan pembuatan keputusan publik dalam masyarakat tertentu di wilayah tertentu. Proses ini didukung oleh instrumen yang memiliki sifat otoritatif dan koersif.

Menurut Ramlan Surbakti, politik adalah interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam pembuatan dan pelaksanaan keputusan yang mengikat, yang bertujuan untuk kebaikan bersama masyarakat yang tinggal dalam wilayah tertentu.

Baca Juga:  Sembilan Kabupaten di Jabar Terpilih Untuk Pengembangan Program Usaha & Digitalisasi Pertanian

Dari pembelajaran di atas dan bagaimana politik itu sendiri dilihat oleh seorang kader muda yang terlibat dalam politik lokal.