Pentingnya Souvenir Seminar dalam Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Contoh souvenir seminar yang biasa dibagikan kepada peserta seminar (Foto: Freepik)
Contoh souvenir seminar yang biasa dibagikan kepada peserta seminar (Foto: Freepik)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Saat mengadakan sebuah seminar, perusahaan biasanya menyediakan seminar. Pentingnya souvenir seminar dalam meningkatkan reputasi perusahaan perlu diketahui sejak dini. Sehingga tidak asal dalam memilih souvenir, perlu diperhatikan karakteristik para peserta juga.

Sebab, hal tersebut turut memegang andil terkait reputasi sebuah perusahaan di mata calon konsumen/klien. Pebisnis lama mungkin sudah memahami pentingnya pemberian souvenir ini. Seperti di kutip laman oscas.co.id banyak manfaat yang didapatkan dengan membagikan souvenir untuk para peserta, yakni:

1. Sarana untuk Branding

Branding merupakan aspek penting yang perlu mendapatkan perhatian utama dalam mengembangkan sebuah bisnis, khususnya yang sedang merintis. Sebab, branding berhubungan dengan identitas dari suatu bisnis yang dilihat dan dimaknai oleh masyarakat.

Apabila perusahaan mengadakan seminar, membagikan souvenir menjadi kesempatan berharga untuk mengenalkan produk atau jasa yang ditawarkan. Ini akan memberikan gambaran kepada klien terkait seperti apa karakter perusahaan berdasarkan wujud dan fungsi souvenir tersebut.

2. Meningkatkan Minat Konsumen

Masih berkaitan dengan pentingnya souvenir seminar dalam meningkatkan reputasi perusahaan, souvenir juga berperan dalam memunculkan minat pada konsumen. Pemberian souvenir, walaupun gratis perlu dipertimbangkan secara matang kualitas dan bentuknya.

Baca Juga:  Aktivasi Ruang Publik, Perpustakaan Cimahi Tingkatkan Kesadaran Literasi Masyarakat

Sebab, ini memberikan representasi yang meningkatkan minat orang lain. Misalnya barang yang diberikan unik sekaligus bermanfaat, penerima souvenir tentu akan memakainya. Jika dilihat oleh orang lain, bisa meningkatkan ketertarikan untuk mencoba produknya juga.

3. Menampilkan Citra yang Positif Terkait Perusahaan

Citra memegang peran penting untuk membawa nama perusahaan agar lebih baik dan semakin dipercaya. Untuk itulah pemberian souvenir perlu dipilih dengan cermat. Contohnya adalah mencari tas seminar ready stock yang bisa langsung dipilih di website tokonya.

Sebab, tas merupakan produk yang bermanfaat secara universal. Artinya, semua orang dapat memakainya untuk diisi barang-barang sesuai kebutuhan. Disarankan memilih model tas yang universal, artinya tidak mengacu pada gender tertentu agar tidak bingung saat pembagiannya.

4. Membantu Konsumen untuk Mengenal Lebih Baik

Pentingnya souvenir seminar dalam meningkatkan reputasi perusahaan juga berkaitan dengan pengenalan perusahaan. Tentu istilah tak kenal maka tidak sayang sudah diketahui banyak orang. Ini juga berlaku terhadap perusahaan, terutama jika terbilang baru sehingga masih mengembangkan namanya.

Baca Juga:  Carita Pantun: Gajah Lumantung

Di saat inilah penting bagi perusahaan untuk membuat keberadaannya disadari dan dikenal oleh masyarakat. Nantinya peserta yang mengikuti seminar, akan diberikan souvenir dengan kesan yang kuat untuk membuatnya lebih mengenal perusahaan tersebut.

5. Kenang-kenangan Sesudah Acara Seminar

Seringkali acara seminar hanya diikuti sekali, kemudian terlupakan begitu saja. Kondisi ini dikarenakan acara tersebut dinilai kurang berkesan atau memunculkan dampak tertentu pada pesertanya. Untuk membuatnya lebih berkesan, pemberian souvenir bisa menjadi opsi tepat.

Perusahaan tidak saja melakukan branding dan membantu peserta mengenal lebih jauh, namun juga menghadirkan kesan tertentu. Souvenir berperan sebagai kenang-kenangan, apalagi yang berfungsi untuk pemakainya, misalnya saja tas. Ini membuat peserta lebih mudah mengingat acara tersebut, termasuk perusahaannya.

6. Membantu Meningkatkan Penjualan

Pentingnya souvenir seminar dalam meningkatkan reputasi perusahaan dapat dilihat dari perkembangan penjualan. Jika dirancang dengan baik, maka informasi yang didapatkan melalui seminar bisa membuka pikiran orang untuk tertarik dengan apa yang ditawarkan.

Apalagi dengan memberikan souvenir di penghujung acara, sehingga peserta merasa dirinya dihargai. Bisa juga diberikan di awal sebagai tanda terimakasih serta apresiasi bagi semua yang berkenan untuk hadir dan mengikuti serangkaian acara.

Baca Juga:  Raperda Penyelenggaraan Pangan Harus Manfaat Bagi Konsumen dan Produsen

Tidak lupa, dalam souvenir tersebut bisa disertakan dengan brosur mengenai pentingnya menggunakan jasa atau produk perusahaan. Penting untuk membuat penerima tahu mengapa dirinya membutuhkan hal ini.

7. Menjaga Loyalitas Konsumen

Tidak kalah penting, pembagian souvenir juga ditujukan untuk menjaga loyalitas dari konsumen/klien. Sebab, mempertahankan loyalitas ini dapat dikatakan gampang-gampang susah di tengah ketatnya persaingan.

Souvenir dapat menjadi sarana yang berguna untuk menjaga loyalitas konsumen kepada perusahaan tersebut. Sebab, mendapatkan souvenir berarti menerima manfaat lebih dari yang selama ini diberikan. Ini dapat diartikan sebagai ajakan untuk terus menggunakan layanan atau produk perusahaan tersebut.

Itulah berbagai alasan tentang pentingnya souvenir seminar dalam meningkatkan reputasi perusahaan. Setelah mengetahui hal tersebut, diharapkan perusahaan bisa lebih jeli untuk memilih souvenir yang akan diberikan kepada peserta. Sehingga menimbulkan kesan baik yang bertahan untuk waktu lama.(Red)