Pj Gubernur Jabar Jadi Silsilah Rukun Wargi Sumedang

JABARNEWS | SUMEDANG – Penjabat Gubernur Jawa Barat M Iriawan dinobatkan dalam silsilah Rukun Wargi Sumedang (RWS), pada acara saresehan yang dihadiri sesepuh, budayawan, seniman dan tokoh Jawa Barat, bertempat di Gedung Negara Kab.Sumedang, Senin (3/9/2018).

Penangung Jawab kegiatan, Rd. Penanjung Widjaya mengatakan, kegiatan sarasehan tersebut diinisiasi oleh Rukun Wargi Sumedang (RWS),  dengan tujuan  untuk mengidentifikasi keturunan raja Sumedang, sekaligus guna menjaga identitas kelestarian budaya sunda.

Baca Juga:  Jaga Ketahanan Pangan, Bupati Cianjur Hadiri Panen Raya Tomat di Pacet

’’Di samping itu, kegiatan saresehan ini, juga menjadi bagian dari upaya memperkenalkan warisan budaya Sunda, kepada generasi muda yang ada di Jawa Barat. Sehingga mereka nantinya tidak lupa dan tidak kehilangan akar budaya, sebagai jati dirinya,” ujarnya.

Penobatan M.Iriawan dalam silsilah RWS, lanjut Penanjung, karena yang bersangkutan teridentifikasi merupakan keturunan dari H.Amin Sastradipradja.

Baca Juga:  Cantik dan Penuh Makna, Berikut Nama-nama Bayi Perempuan Sunda

H Amin Sastradipradja sendiri merupakan keturunan raja Sumedang dan masuk dalam silsilah RWS.

Pada  kesempatan itu, Pj Gubernur Jabar Komjen Pol M. Iriawan memberikan apresiasi dan ucapkan terima kasih atas kehadiran sejumlah keturunan kerajaan/kesultanan, seniman, budayawan dan tokoh maupun tamu undangan Perwakilan Kabupaten/Kota di Jabar, pada acara tersebut.

Di tempat yang sama, Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo mengatakan,  peserta yang mengikuti kegiatan saresehan dengan para Sesepuh, Budayawan, Seniman dan Sejumlah tokoh Jawa Barat (Jabar), diperkirakan mencapai 500 orang.

Baca Juga:  Ronaldo Jaga Wibawa Real Madrid

Selama kegiatan berlangsung sejumlah anggota Polres Sumedang berjaga di sekitar Gedung Negara, Alun alun Sumedang dan Bundaran Binokasih. ’’Alhamdulillah, selama acara berlangsung hingga bubar, situasi dilapangan berjalan kondusif, aman dan terkendali,” tandasnya. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat