Berikut Lima Alasan Laptop Tidak Lagi Menggunakan DVD Drive

JABARNEWS | BANDUNG – Drive disk menggunakan laser untuk membaca dan menulis data, beberapa jenis disk maka berbeda juga gelombang laser yang dibutuhkannya.

Biasanya untuk Cakram Padat (CD), drive disk menggunakan gelombang sebesar 780 nanometer. Ukuran tersebut berbeda dengan hitungan dalam inframerah, sedangkan untuk Cakram Video Digital (DVD) menggunakan gelombang sebesar 650 nanometer serta Blu-ray menggunakan 405 nanometer.

Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa saat ini jarang menggunakan DVD Drive dilansir dari beberapa sumber berikut alasan mengapa DVD drive saat ini jarang dipasang pada laptop:

Baca Juga:  Polsek Campaka Rutin Kontrol Ronda Malam Hingga Imbauan Prokes

Pertama. Perbedaan kecepatan mengaksesnya – Sama seperti di katakan diatas saat pembacaan data terlihat bahwa penggunaan bluray lebih cepat dibanding dengan CD ataupun DVD.

Kedua. Jarangnya menggunakan kaset untuk memutar musik dan video – Seiring perkembangan zaman saat ini teknologi semakin berkembang, sehingga kita tidak perlu lagi menggunakan kaset untuk memutar musik dan video. Itu terjadi karena sekarang semua sudah tersedia di internet dan kita tinggal mengaksesnya saja.

Ketiga. Tidak menggunakan CD atau DVD untuk menyimpan file – Sebagai tanda berkembangnya teknologi saat ini sudah ada flash disk untuk menyimpan file, selain ukurannya lebih kecil flashdisk juga memiliki kapasitas yang lebih besar dari pada DVD dan CD.

Baca Juga:  Truk Seruduk Truk Di Purwakarta, Pengemudi Tewas

Keempat. Berbagi file sudah dipermudah dengan teknologi terbaru – Dahulu kita apabila ingin meminta file harus melalui CD atau DVD dulu agar bisa bawa untuk dipindahkan ke pada Laptop kita, tetapi sekarang kita bisa dengan leluasa meminta file karena didukung dengan beberapa fitur online dari berbagai aplikasi.

Kelima. Tanpa DVD drive, laptop akan menjadi tipis dan ringan – DVD drive menyita ruang yang cukup besar di laptop. Dengan DVD drive, laptop akan jadi lebih tebal dan berat. Laptop yang berat dan diletakkan di dalam tas ransel menyebabkan otot leher, punggung dan bahu jadi tegang. Apabila kita terus-menerus membawa beban yang berat dalam tas.

Baca Juga:  Terima Perpres Rebana dan Jabar Selatan, Ridwan Kamil Siapkan Anggaran Rp250 Triliun untuk Infrastruktur

Selain itu dari segi desain laptop jaman sekarang mempunyai body yang tipis dan ringan, serta lebih digemari karena terlihat lebih menarik secara visual. Bukan hanya itu, laptop yang tipis juga rata-rata lebih terjangkau di kantong, namun performanya tetap optimal.

Penulis: Muhammad Amaludin