Wisata Kampung Batik Indonesia Yang Populer Di Kalangan Wisatawan

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagai salah satu warisan yang telah diakui oleh dunia (UNESCO). Batik merupakan sebuah seni yang berasal dari berbagai macam Budaya yang ada di Negara kita yaitu Indonesia.

Di Indonesia sendiri memiliki beberapa kampung wisata batik yang tersebar di beberapa kota dan bisa kalian kunjungi pada saat liburan, tentunya hal tersebut akan menambah keasikan liburan kalian. Karena biasanya kalian bisa belajar langsung caranya membatik.

Oleh Sebab itu, dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa kampung batik di Indonesia yang bisa kalian kunjungi saat liburan akhir pekan. Diantaranya:

Pertama. Sentra Batik Tulis Giriloyo – Berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta, Sentra Batik Tulis Giriloyo ini salah satu tempat yang bisa kalian kunjungi ketika sedang berada di Yogyakarta.

Baca Juga:  Bus Masuk Jurang Itu Dikemudikan Kernet

Disana, kalian bisa berburu berbagai macam jenis batik tulis serta bisa sambil belajar membatik dengan cara diajarkan oleh pengrajinnya langsung. Sungguh menarik buka tempat wisata Kampung Batik Tulis Giriloyo ini.

Kedua. Kampung Batik Laweyan – Kampung Batik Laweyan adalah kampung batik legendaris di Kota Solo yang ada sejak sejak 500 tahun lalu. Sejak abad ke-19, kampung batik ini sudah menjadi ikon dari batik Solo yang terkenal. Seiring berkembanynya jaman saat ini, sudah ada sekitar 250 motif batik yang telah dipatenkan sebagai khas dari Kampung Batik Laweyan.

Selain batik Solo, para wisatawan juga bisa membuat batiknya sendiri di sini. Yang tak kalah menarik, Kampung Batik Laweyan juga menyajikan beberapa bangunan bergaya arsitektur Jawa, Eropa, Tionghoa, dan Islam yang bisa jadi spot foto keren.

Baca Juga:  UI Beri Pelatihan Optimalkan Pengolahan Sampah Melalui TPS3R

Ketiga. Kampung Batik Kauman – Berlokasi di Pekalongan, Kampung Batik Kauman memiliki beragam jenis batik yang bisa kalian temui di sana. Seperti Batik tulis, Cap maupun kombinasi keduanya ada di Kampung batik Kauman Pekalongan ini.

Selain itu, kampung ini tak hanya menjadi destinasi wisata untuk berbelanja batik, tetapi juga sebagai pusat budaya. Sebab, di Kampung Batik Kauman pengunjung bisa belajar tentang sejarah batik, hingga mencoba membuat batik sendiri langsung dari bimbingan pengrajin setempat.

Keempat. Kampung Batik Trusmi – Berlokasi di Jalan Plered, Cirebon atau sekitar 4 Km dari pusat kota. Tempat wisata Kampung Batik Trusmi ini merupakan salah satu ikon dari Cirebon, Hal itu terjadi karena tempat tersebut banyak terdapat penjual dan pengrajin batik dari Cirebon.

Baca Juga:  Terungkap! Pelaku Bom Bunuh Diri di Makassar Ternyata Pasutri Baru Menikah 6 Bulan

Selain itu, disana kalian bisa belajar langsung membuat batik khas dari Cirebon yang diajarkan oleh pengrajin yang ada disana. Tentunya hal tersebut bisa menjadi momen berharga yang kalian dapatkan.

Kelima. Kampung Batik Lasem – Bertempat di Candisari, Pamotan, Kabupaten Rembang. Kampung Batik Lasem ini merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi sebagai tempat wisata.

Selain itu, disana kalian bisa berburu berbagai jenis batik sambil belajar cara membuat batik tulis dari pengrajinnya secara langsung. Hal tersebut tentunya bisa menjadi pengalaman yang begitu menyenangkan. (Mal)