Kompresor AC Mobil Kalian Rusak? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Salah satu masalah pada AC mobil yang dikeluhkan banyak pengendara adalah kompresor AC mobil bocor. Tentu hal ini terjadi bukan tanpa alasan tetapi ada penyebab yang membuat AC mobil bermasalah.

Akibatnya, AC mobil menjadi tidak dingin dan membuat konsentrasi pengendara makin kacau karena cuaca yang panas tak ada pendingin di dalam mobil. Masalah AC mobil bisa Anda cegah dengan melakukan service di bengkel khusus AC mobil.

Oleh Sebab itu berikut beberapa penyebab kompresor AC mobil, diantaranya:

Baca Juga:  Siap-siap, Pemprov DKI Jakarta Bakal Buka Kembali Tempat Hiburan

Pertama. Fan mati atau lemah – Ketika fan AC maupun fan radiator mati / lemah akan membuat tekanan freon pada jalur high press meningkat atau overheat, otomatis akan membuat kompresor menjadi panas berlebihan dan berpotensi membuat kompresor menjadi bermasalah seperti bunyi kasar ataupun bocor.

Fan AC atau radiator yang lemah atau bahkan mati akan menyebabkan tekanan pada freon berlebih atau istilahnya overheat. Overheat pada tekanan gas freon inilah yang bisa mengakibatkan kompresor menjadi panas, sehingga rentan mengalami kebocoran dan bunyi kasar/ngorok.

Baca Juga:  Video Aksi Beringas kepada Pacar Viral, Ternyata Ini Alasannya

Kedua. Freon yang terlalu sedikit di dalam sistem – Jika pada selang freon AC mobil terdapat lubang atau retakan, AC akan mengalami kebocoran freon. Dan setelah beberapa saat, level freon-nya jadi sangat rendah dan mengakibatkan kompresor harus bekerja lebih keras memompa freon yang cukup ke seluruh sistem untuk mendinginkan kabin.

Kompresor AC akan mengeluarkan lebih banyak tenaga untuk memompa gas freon ke seluruh sistem AC mobil. Lama-lama kondisi kompresor akan rusak karena dipaksa bekerja keras.

Baca Juga:  Tingkatkan Gizi Anak dan Cegah Stunting, Pemkot Bandung Luncurkan Program Beas Beureum

Ketiga. Mampet – Pada dasarnya Sistem kerja AC mobil adalah sirkulasi freon secara terus-menerus di dalam sistem, apabila aliran sirkulasi yang terhambat (buntu) membuat kompresor terus bekerja (memompa) akan tetapi aliran sirkulasi tidak normal dan mengakibatkan kompresor jebol.

Kebuntuan bisa terjadi pada sistem yang mengakibatkan aliran sirkulasi freon terhambat. Kasus seperti ini dapat membuat kompresor menjadi rusak karena terus menerus dipaksa untuk memompa freon yang sirkulasinya terhambat tadi. (Red)