Kipas Angin Jadi Cepat Panas? Awas, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Kipas angin merupakan salah satu alat elektronik yang banyak digunakan sebagai penyejuk ruangan selain AC. Namun, pernahkah kalian menemukan kipas angin panas (Overheating)?

Ada beberapa penyebab kipas angin panas atau Overheating. Untuk mengatasinya, Kalian tentunya mestimengetahu penyebabnya terlebih dahulu, agar hal itu bisa segera diatasi.

Oleh sebab itu berikut beberapa penyebab kipas angin cepat panas (Overheating) yakni:

Pertama. Bushing kipas sudah aus – Bisa jadi penyebab lainnya adalah bushing kipas yang sudah aus. Cek dengan cara melihat menggunakan mata, atau masukkan as motor ke bushing, dan goyang-goyangkan ke kanan kiri. Jika longgar berarti bearing/bushing sudah aus.

Baca Juga:  Gegara Hal Ini Tjahjo Kumolo Minta Maaf

Jika penyebab kipas panas karena bushing aus, lepaskan bearing/bushing, dan ganti dengan yang baru. Kemudian pasang kembali bearing/bushing ke motor dinamo.

Kedua. Korsleting pada gulungan motor – Jika beberapa gulungan motor pada kipas mengalami korsleting, motor akan mulai menarik lebih banyak arus. Dilansir dari beberapa sumber, setiap motor kipas dilengkapi dengan sekering termal untuk mencegah hal ini terjadi.

Baca Juga:  Link Streaming Laga Leg Kedua Semifinal Vietnam vs Indonesia

Jika kipas menggambar arus terlalu banyak, itu akan terbakar seperti kebanyakan sekering lainnya cenderung terbakar. Fungsi lain yang ditawarkan adalah untuk menghindari terbentuknya energi panas di dalam kipas.

Ketiga. bearing rusak – bearing sendiri berfungsi untuk menyambungkan bilah pisau ke motor kipas. Ini dapat membuat pisau kipas bergerak lebih lambat yang mengurangi gaya gerak listrik yang dihasilkan oleh motor.

Baca Juga:  Update Info Haji, 2.833 Jemaah Menuju Tanah Suci

Energi ekstra ini harus pergi ke suatu tempat karena tidak dapat dihancurkan. Kelebihan energi diubah menjadi panas, dan inilah yang membuat kipas overheating. Hal ini adalah alasan yang paling sering menjadi penyebab kipas cepat panas. (Red)