Jelang Musim Hujan, Inilah Tips Agar Terhindar dari Bahaya Listrik

JABARNEWS | BANDUNG – Ada banyak hal yang perlu diperhatikan menjelang musim hujan. Salahsatunya agar bisa terhindar dari yang diakibatkan bahaya Listrik, seperti diantaranya instalasi listrik rumah, alat elektronik, dan aset listrik milik PLN.

Saat hujan datang, kebocoran, genangan air bahkan banjir menjadi hal yang harus diantisipasi oleh masyarakat. Atap bocor dan kabel yang terkelupas bisa menyebabkan konsleting apabila dikenai air hujan.

Hal ini penting karena air merupakan konduktor yang mampu menghantarkan listrik sehingga sangat rentan menimbulkan kecelakaan akibat tersengat listrik. Oleh karena itu, sebelum musim hujan, pastikan seluruh kabel di instalasi listrik kita tidak ada yang terbuka.

Baca Juga:  Pemerintah Bagi-bagi Rice Cooker Gratis kepada Masyarakat, Catat Ini Waktunya

Baca Juga: Melihat Meterai Elektronik Pertama Indonesia, Begini Tampilannya

Baca Juga: Ini Cara Membuat Onigiri Atau Nasi Kepal Isi Tuna Mayo

Kewaspadaan saat ada genangan air/ banjir perlu ditingkatkan agar terhindar dari bahaya listrik seperti tersetrum atau konsleting. Tindakan-tindakan yang harus dilakukan diantaranya sebagai berikut:

Baca Juga: Tempat Cuci Piring Kalian Tersumbat? Segera, Atasi Dengan Cara Ini

Baca Juga: Truk Pengangkut Batu Bata Terguling di Purwakarta, Satu Orang Tewas

Baca Juga:  Bahas UU Cipta Kerja, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin Hari Ini Rapat Internal

1.Perhatikan posisi stop Kontak atau kabel rol yang berada dibawah atau dekat dengan lantai. Amankan kabel rol atau kabel ekstension yang berpotensi terendam air.

2.Matikan peralatan listrik dan elektronik yang dekat di lantai (terutama mesin air/ jet pump) dengan mencabut kabel listrik dari stop kontak dan pindahkan ke posisi yang lebih aman,

3.Jangan memegang kabel yang terbuka atau terkelupas

4.Apabila rumah dalam kondisi kebanjiran/ stop kontak sudah tergenang, pastikan MCB (Mini Circuit Breaker) di kWh meter yang berfungsi sebagai pemutus aliran listrik telah dimatikan sehingga tidak ada aliran listrik ke dalam rumah.

Baca Juga:  Tiga Obat Alami Cacar Air Yang Bisa Kalian Buat Di Rumah

Baca Juga: Tempat Cuci Piring Kalian Tersumbat? Segera, Atasi Dengan Cara Ini

Selanjutnya, apabila rumah sudah dalam kondisi tidak banjir, pastikan terlebih dahulu kondisi instalasi listrik (stop kontak, mesin air, peralatan listrik yang terendam) dalam kondisi yang kering sebelum aliran listrik dinyalakan.

Selain beberapa hal diatas, hal lain yang perlu diwaspadai pada saat hujan adalah petir. Kasus kebakaran alat elektronik yang tersambar petir merupakan kasus yang cukup sering ditemui. ***