Ternyata Ini Penyebab Vicuna Dijuluki Sebagai Salah Satu Kain Termahal dan Terlembut di Dunia

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagai salah satu kain termahal di dunia, kain vicuna ini berasal dari hewan yang hampir punah dengan nama yang sama yakni hewan vicuna.

Sejak beberapa abad yang lalu, kain vicuna memang dikenal sebagai kain super premium dan termasuk termahal di dunia yang biasanya hanya dimiliki oleh kaum bangsawan atau kerajaan.

Harga yang sangat mahal kain vicuna dikarenakan akibat populasi vicuna yang sedikit dan tidak bisa diternakan. Vicuna pun hanya dapat diambil bulunya setiap 3 tahun sekali, itupun dengan kuantitas yang sangat sedikit.

Baca Juga:  Bupati Serdang Bedagai Uji Coba Mobil Damkar Setir Kemudi Sebelah Kiri

Baca Juga: Mojang Purwakarta Soroti Konvoi Pelajar Sambil Acungkan Celurit: Sangat Memprihatinkan

Baca Juga: Jangan Terlalu Sering Semir Ban Mobil, Bisa Sebabkan Ini

Pada zaman pertengahan dahulu, kain vicuna memiliki julukan sebagai “the fabric of gods” karena memiliki kelembutan yang tidak tertandingi oleh kain manapun. Kain vicuna terasa sangat lembut karena memiliki diameter yang sangat tipis, hanya sebesar 12 microns saja.

Baca Juga: Miliki Omzet Rp3,8 Miliar, Pasar Kreatif Bandung 2021 Jadi Patokan Pemulihan Ekonomi?

Baca Juga:  Begini Skema Polres Garut dalam Antisipasi Bencana Alam di Jalur Mudik

Baca Juga: Tiga Dampak Buruk PHP yang Bisa Terjadi Pada Diri Sendiri, Kalian Pernah Ngalamin?

Jika kita ingin membandingkan, rambut manusia memiliki 24 micron, sedangkan kain pada umumnya memiliki ukuran sebesar 50 microns. Kain Vicuna yang memiliki diameter lebih tipis dari rambut pasti akan terasa sangat lembut di kulit, dan memang pantas disebut sebagai kain termahal dan terlembut di dunia.

JabarNews.com melansir dari banyak sumber, untuk harga kain wol Vicuna pada tahun 2007 dalam 1 yard-nya dibanderol antara $1.800 atau setara dengan kurang lebih 25 juta rupiah sampai dengan $3000 atau setara dengan kurang lebih 42 juta rupiah.

Baca Juga:  KRPKH Buka Tempat Wisata Baru Di Purwakarta

Baca Juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Polisi di Pematangsiantar Berhentikan Pengendara Motor

Baca Juga: Ini Manfaat Popcorn Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Sedangkan, untuk harga 1 potong scart dari kain wool vucana dibanderol dengan harga $1.500 atau setara dengan lebih dari 21 juta rupiah dan untuk mantel dari wol vicunas dibanderol dengan harga $21.000 atau setara dengan kurang lebih 300 juta rupiah. ***