Begini Cara Memanfaatkan Lahan Sempit Untuk Berkebun

JABARNEWS | BANDUNG – Ada banyak cara memanfaatkan lahan sempit untuk berkebun. Hal ini menjadi salah satu solusi bagi yang ingin bercocok tanam tapi memiliki keterbatasan lahan.

Apalagi, sejumlah cara memanfaatkan lahan sempit untuk berkebun ini terbilang simple dan tidak memerlukan lahan yang begitu luas.

JabarNews.com melasir dari laman dlh.semarangkota.go.id yang diunggah pada 19 November 2020, berikut cara memanfaatkan lahan sempit untuk berkebun:

Baca Juga: BKAD Purwakarta Ungkap Realisasi Belanja Daerah dari APBD Baru 65,9 Persen, Kendalanya Apa?

Baca Juga: Pandemi Covid-19, Payung Teduh Rilis Lagu Kedua Berjudul ‘Suar’

Pertama. Hidroponik – Cara pertama adalah dengan hidroponik. Hidroponik adalah menanam tanaman tanpa menggunakan media tanah sehingga meskipun lahannya sempit bisa dimanfaatkan untuk menanam dengan cara hidroponik.

Baca Juga:  Jalan Sriwijaya Ditutup Dua Pekan, Arus Lalu Lintas Dialihkan Sementara Waktu

Baca Juga: Warga Yang Belum Divaksin di Kota Bandung Tersisa 1,76 Persen, Ini Kata Dinkes

Baca Juga: Aksi Unjuk Rasa Terjadi di Tol Cipularang KM 97, Jalur Arah Bandung Terhambat

Tanaman yang dihasilkan dengan cara hidroponik tersebut lebih melimpah dan juga lebih segar. Media yang bisa dimanfaatkan untuk menanam dengan cara hidroponik ini adalah botol plastik, pipa paralon dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga:  Dua Pimpinan DPRD Purwakarta Datangi Kejaksaan, Ada Apa?

Kedua. Tabulampot – Cara memanfaatkan lahan sempit kota untuk berkebun yang kedua adalah menggunakan metode tabulampot. Tabulampot adalah singkatan dari tanaman buah dalam pot.

Tentunya metode ini tidak asing lagi sebab sudah banyak yang masyarakat yang mempraktekkannya di rumah masing-masing tidak hanya di kota besar namun juga di pedesaan.

Media tanam yang bisa digunakan dalam metode tabulampot adalah yang bisa menyimpan air dan bisa digunakan sebagai pemasok nutrisi dalam tanaman.

Baca Juga: Awas! Ini Dia Penyebab Kaki Bengkak Menurut dr. Decsa Medika Hertanto, Salah Satunya Gagal Jantung

Baca Juga: Kemenko Perekonomian dan Bank Bjb Percepatan Akselerasi Inklusi Keuangan di Pesantren

Baca Juga:  Polisi Berhasil Gagalkan Peredaran Puluhan Dus Miras di Tasikmalaya

Ketiga. Vertikultur – Cara memanfaatkan lahan sempit untuk berkebun selanjutnya adalah Anda bisa menggunakan metode vertikultur.

Baca Juga: Cegah Lonjakan Covid-19, Di Pematangsiantar Pesta Kembang Api Saat Perayaan Tahun Baru Dilarang

Baca Juga: Mengenal Ragam Manfaat Sayur Buncis Bagi Kesehatan Tubuh

Metode ini berguna untuk membudidayakan tanaman yang umurnya tidak panjang seperti sayuran sawi, kangkung, seledri, pakcoy dan masih banyak lagi lainnya.

Sesuai dengan namanya metode ini menggunakan bentuk vertikal sehingga tidak membutuhkan lahan yang luas untuk menanam tanaman tersebut. ***