Program Mudik Gratis untuk Penumpang dan Sepeda Motor Masih Tersedia, Ini Syaratnya

Daftar Kereta Api Tambahan dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru 2023
PT KAI ganti tiket calon penumpang sebagai dampak longsor jalur Bogor-Sukabumi. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ JAKARTA – Sepeda motor masih menjadi moda transportasi kedua paling favorit yang digunakan masyarakat untuk perjalanan mudik lebaran, setelah mobil pribadi.

Atas dasar tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membuka program mudik gratis tahun ini. Selain itu, program mudik lebaran gratis ini sebagai salah satu upaya pemerintah mengantisipasi lonjakan pemudik 2023, khususnya pengguna motor yang diprediksi akan mencapai 25,13 juta orang.

Baca Juga:  Joko Widodo: Perbaikan Tanggul Citarum Jebol, Target Dua Hari Selesai

Melalui program mudik lebaran gratis ini, Kemenhub mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan mudik jarak jauh menggunakan sepeda motor. Alasannya, mudik dengan menggunakan sepeda motor memiliki potensi kecelakaan yang cukup tinggi. Sehingga dianggap dapat membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga:  Selama Mudik Lebaran Penumpang KRL di Stasiun Bogor Naik 100 Persen Lebih

Kemenhub menyebutkan, program mudik gratis kali ini tak hanya disediakan untuk penumpang, melainkan juga untuk kendaraan jenis sepeda motor. Sebanyak 46 ribu disediakan untuk penumpang. Sementara sebanyak 10 ribu disediakan untuk unit sepeda motor.

Baca Juga:  Kapolres Cianjur Pimpin Sertijab Kapolsek Tanggeung, Ini Pesannya

Meski sudah dibuka sejak tanggal 1 Maret 2023, saat ini pendaftaran program mudik gratis untuk penumpang dan sepeda motor kuotanya masih tersedia.