Rusak Karena Usia Dan Tangan Jahil, 400 Tong Sampah Diganti

JABARNEWS | BANDUNG – Karena banyak tong sampah rusak, PD Kebersihan Kota Bandung melakukan pemasangan tong sampah baru.

Direktur Utama (Dirut) PD Kebersihan, Deni Nurdyana Hadimin, menyebutkan, pemasangan sebanyak 400 unit tong sampah itu dilakukan di sejumlah ruas jalan.

“Ia kita menggantinya karena rusak oleh waktu dan juga tangan-tangan jahil,” ujar Deni, beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Berkah Bulan Agustus, Pedagang Bendera Kian Menjamur

Pengadaan tong sampah itu, kata Deni, bukan hanya tanggung jawab PD Kebersihan tetapi juga aparat kewilayahan yang sudah mengalokasikan pada Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK).

Karenanya PD Kebersihan hanya mengganti tong sampah rusak di ruas jalan protokol terutama kawasan tujuan wisata.

“Yang portable ya, yang organik dan non organik. Fokus kita di jalan Asia Afrika, Braga dan jalan Dago,” tandasnya.

Baca Juga:  Sah, Harga BBM Kembali Naik Mulai Hari Ini, Berikut Rinciannya

Pemasangan itu, kata Deni, terbilang sedikit karena di Bandung itu butuh ribuan tong sampah. Karena idealnya setiap 50 meter ada satu set tempat sampah.

“Bahkan untuk di kawasan wisata bisa 20 meter satu. Kalau saya lebih baik banyak agar warga membuang sampah ke tempatnya. Dan penggantinya itu enam bulan sekali,” imbuhnya.

Baca Juga:  Penting! Tiga Kebiasaan Gaya Bicara Buruk Ini Sebaiknya Kalian Hindari

Kendati diperbanyak tempat sampah, Deni mengakui, di kawasan ramai wisatawan masih saja banyak wisatawn membuang sampah sembarang.

“Konsekuensi kita ya, ada tempat wisata di ahir pekan, tumpukan sampah tetap masih ada. Tapi untuk warga Bandung, ya dari tahun ke tahun semakin paham,” tutur Deni. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat