Sah! Edi Setiadi Kembali Dilantik Jadi Rektor Unisba Periode 2021-2025

JABARNEWS | BANDUNG – Prof. Dr. H. Edi Setiadi, S.H., M.H kembali terpilih sebagai Rektor Universitas Islam Bandung (Unisba) periode 2021-2025.

Sebelumnya, perhitungan surat suara pemilihan Rektor tahap nominasi masa bakti 2021-2025 yang diselenggarakan di Aula Unisba dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat serta disiarkan melalui Zoom Meeting pada Jumat (26/3/2021) lalu.

Dari hasil perhitungan surat suara tersebut Prof. Edi berhasil meraih suara diatas suara diatas 20 persen sesuai dengan tata tertib yang telah dibuat.

Hasil perhitungan suara menunjukan bahwa Prof. Edi memperoleh sebanyak 263 suara atau sekitar 52,7 persen dari 499 suara yang masuk. Sedangkan, bakal calon lainnya tidak ada yang memenuhi suara minimal 20 persen sehingga diputuskan hanya 1 calon yang bisa mengikuti tahap selanjutnya.

Baca Juga:  Sultan Dan Raja Se-Nusantara Menampik Lakukan Referendum

Data tersebut diperoleh dari rekapitulasi suara yang masuk dan berasal dari jumlah dosen di Unisba terdiri dari F. Syariah (36 suara), F. Dakwah (17 suara), F. Tarbiyah dan Keguruan (24 suara), F. Hukum (45 suara), F. Psikologi (40 suara), FMIPA (60 suara), F. Teknik (65 suara), F. Ilmu Komunikasi (55 suara), F. Ekonomi & Bisnis (63 suara) dan F. Kedokteran (94 suara).

Namun, dari keseluruhan data tersebut, terdapat 33 suara yang tidak sah dan 16 suara abstain. Adapun pemungutan suara yang dilaksanakan masing-masing fakultas dilaksanakan pada 15-25 Maret 2021.

Ketua pelaksana pemilihan Rektor masa bakti 2021-2025, H. Asep Ramdan Hidayat, Drs., M.Si., mengatakan, tahap selanjutnya yang akan ditempuh adalah permintaan kesediaan kepada Calon Rektor terpilih. Jika bersedia pihak panitia akan meminta program kerja.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Untuk Pemilik Rasi Bintang Pisces, Aries dan Taurus

Kemudian tes keagamaan seperti membaca Al Qur’an oleh LSIPK dan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit pemerintah.

Program kerja yang telah dibuat, lanjut Asep, akan disosialisasikan kepada 3 unsur yakni dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan yang diberikan kesempatan untuk menyampaikan berbagai unek-unek dan keinginan.

“Setelah tahap ini selesai akan kita (panitia) dorong untuk persiapan ke tahap Senat sebagai normatif tertinggi di kampus sekitar bulan Juni 2021,” kata Asep dalam keterangan yang diterima, Jumat (23/7/2021).

Sementara itu, Ketua Badan Yayasan Unisba dan Pejabat Baru Prof. Dr. KH. Miftah Faridl menyampaikan bahwa Prof. Edi Setiadi yang untuk kedua kalinya, kembali terpilih untuk memimpin Unisba melalui proses seleksi yang ketat tapi penuh kekeluargaan, baik secara akademik, moral, maupun sosial.

Baca Juga:  Ditarget Selesai Bulan Ini, Pemasangan Rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gunakan Metode Canggih

“Akhirnya pilihan jatuh kembali menunjuk Bapak Prof Edi Setiadi untuk kembali menahkodai perahu perjuangan yang bernama Universitas Islam Bandung ini,” ucap Prof. Miftah dalam pelantikan Rektor Unisba periode 2021-2025 yang disiarkan via Zoom, Jumat (23/7/2021).

Dia berharap, Prof Edi bisa memimpin Unisba dengan membawa sebuah mekanisme yang sarat dengan nilai-nilai akademis. Menurutnya, Prof Edi merupakan sosok pemimpin yang akademisi dan seorang ideolog, karena akan membawa perahu besar yang sekarang semakin besar yang sangat sarat muatan ideologi.

“Universitas ini lahir dari rahim para pemimpin umat melalui sebuah pergulatan ijtihad mewujudkan Islam sebagai agama rahmatan lil’alamin,” tandasnya. (Red)