Sering Alami Ini, Berarti Jantung Kamu Tidak Sehat

Ilustrasi penyakit jantung. (foto: istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagian besar kasus serangan jantung merupakan keadaan darurat serius yang kerap terjadi secara tiba-tiba. Namun, ada beberapa pertanda yang mungkin muncul sebelum serangan jantung terjadi.

Menurut Harvard Health, ada serangkaian sensasi samar yang dapat menjadi “sinyal” bahwa serangan jantung akan terjadi. Sensasi-sensasi tersebut bisa berupa rasa nyeri, kebas, seperti dicubit, seperti ditusuk, atau rasa tidak nyaman.

“(Sensasi-sensasi ini bisa muncul pada) satu atau kedua lengan, punggung, leher, rahang, atau perut,” jelas Harvard Health seperti dilansir dari laman Express, Selasa (1/11/2022).

Selain sensasi-sensasi samar ini, kejadian serangan jantung juga bisa didahului oleh beberapa tanda lain. Beberapa tanda tersebut adalah sesak napas, mual atau muntah tiba-tiba, perasaan seperti akan pingsan, lelah yang tak biasa, keringat dingin, dan rasa nyeri.

Orang-orang yang mengalami gejala ini sangat dianjurkan untuk segera mencari pertolongan medis. Menurut Direktur Medis National Health Service (NHS) Prof Stephen Powis mengenali dan mengobati serangan jantung dengan cepat bisa mencegah terjadinya kematian.