Tiga Penyebab Hidung Tidak Bisa Mencium Bau, Selain Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Jika hidung tak bisa mencium bau, jangan langsung panik. Ada bebagai macam kondisi yang bisa menjadi penyebab hal tersebut.

Jika Anda mengalami kondisi ini, Anda mungkin mengalami anosmia. Anosmia adalah istilah medis untuk hidung tak bisa mencium bau atau hilangnya indera penciuman. Anosmia sendiri bisa terjadi sementara atau permanen.

Namun, selain itu masih banyak penyebab lainnya yang membuat hidung tidak bisa mencium bau yakni:

Baca Juga:  Cegah Klaster Baru, Kapolda Sumut Tegaskan Perketat Pengawasan Objek Wisata

Pertama. Gejala Covid-19 – Dilansir dari Cleveland Clinic, banyak individu yang dites positif Covid-19 telah melaporkan kehilangan indera perasa atau penciuman saat mereka mengalami gejala.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS telah mengidentifikasi anosmia sebagai gejala Covid-19. Dokter di China, Korea Selatan, Italia dan Jerman telah melaporkan tingginya kasus kehilangan penciuman atau rasa pada pasien yang terinfeksi Covid-19.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Selasa 29 November 2022

Kedua. flu Atau Salesma – Melansir Health Grades, Anda mungkin sudah mengetahui bahwa salah satu penyebab paling umum hidung tidak bisa mencium bau untuk sementara waktu adalah selesma atau flu biasa (common cold).

Ketika sinus Anda membengkak atau tersumbat dengan lendir, kondisi ini memblokir reseptor bau di jaringan hidung Anda. Untungnya, kehilangan indera penciuman akibat selesma ini biasanya berlangsung sementara.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Bakal Bangun Fly Over Lagi, Ini Lokasinya

Ketiga. Merokok – Selain karena baunya sendiri, rokok juga dapat mengacaukan indra penciuman Anda. Merokok adalah salah satu bentuk polusi, dan paparan secara teratur dapat membatasi kemampuan Anda untuk mencium bau.

Kabar baiknya adalah begitu Anda berhenti merokok atau mengurangi paparan asap rokok, indra penciuman Anda biasanya akan kembali normal. (Red)