Tips Cegah Kebakara Akibat Korsleting Listrik

Ilustrasi korsleting listrik. (Foto: firecauses.com)a

2. Hindari Overloading

Jangan terlalu membebani saluran listrik dengan terlalu banyak peralatan yang memerlukan daya tinggi di satu colokan atau stopkontak. Gunakan peralatan listrik yang sesuai dengan kapasitas daya stopkontak dan hindari penggunaan kabel ekstensi secara berlebihan.

3. Periksa Kabel secara Berkala

Lakukan pemeriksaan rutin terhadap kabel-kabel listrik di rumah Anda. Jika Anda menemukan kabel yang terkelupas atau rusak, segera gantilah untuk menghindari kontak yang tidak aman yang dapat menyebabkan konsleting.

Baca Juga:  Kebakaran Lahan di Purwakarta, Berawal dari Bakar Sampah

4. Gunakan Stopkontak yang Baik

Gunakan stopkontak berkualitas dan pastikan bahwa alat atau peralatan yang Anda colokkan pas dengan stopkontak tersebut. Hindari menggunakan stopkontak yang longgar, karena hal ini dapat menyebabkan panas berlebih dan potensi konsleting.

Baca Juga:  Tersedia 12.000 Lowongan Kerja Di Job Fair Nasional

5. Hindari Kabel di Bawah Karpet atau Dibalik Barang

Menyembunyikan kabel di bawah karpet atau di balik barang-barang dapat meningkatkan risiko konsleting. Kabel yang tertutup tidak memiliki sirkulasi udara yang cukup, yang dapat menyebabkan panas berlebih dan potensi konsleting.

Baca Juga:  Bupati Anne Ratna Mustika Minta Damkar Siaga Cegah Karhutla Dampak El Nino

6. Matikan Listrik Saat Tidak Digunakan

Matikan peralatan listrik saat tidak digunakan, terutama peralatan yang memiliki pemanas atau elemen pemanas. Ini tidak hanya dapat menghemat energi, tetapi juga mengurangi risiko konsleting akibat peralatan yang tetap dalam keadaan menyala tanpa pengawasan.