Tips Cegah Kebakara Akibat Korsleting Listrik

Ilustrasi korsleting listrik. (Foto: firecauses.com)a

7. Perhatikan Pemasangan Lampu

Pastikan lampu-lampu yang Anda pasang tidak menghasilkan panas berlebih yang dapat menyebabkan konsleting. Jangan menggunakan lampu dengan daya yang melebihi kapasitas lampu atau fitting yang digunakan.

8. Hindari Kabel Menggantung di Dinding atau Plafon

Hindari menggantungkan kabel-kabel listrik di dinding atau plafon, karena ini dapat membuat mereka rentan terhadap kerusakan dan kontak yang tidak aman.

Baca Juga:  Muhammad Sabil Fadilah Unggah Kembali Komentarnya yang Disematkan Ridwan Kamil

9. Pemeliharaan Rutin

Lakukan pemeliharaan rutin terhadap sistem listrik rumah Anda oleh tenaga ahli. Pemeriksaan berkala dapat mengidentifikasi potensi masalah sebelum mereka menjadi risiko serius.

10. Siapkan Peralatan Pemadam Kebakaran

Selalu siapkan peralatan pemadam kebakaran di rumah, seperti alat pemadam api ringan (APAR) atau alat pemadam kebakaran lainnya. Tindakan cepat dalam mengatasi kebakaran awal dapat menghindari kerusakan yang lebih besar.

Baca Juga:  Cara Membersihkan Karpet Bulu di Rumah Dengan Mudah, Yuk Simak!

Mencegah konsleting yang dapat menyebabkan kebakaran di rumah adalah tanggung jawab kita sebagai pemilik rumah. Dengan mengikuti tips-tips di atas dan tetap waspada terhadap sistem listrik, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi keluarga dan harta benda kita. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli listrik jika Anda memiliki keraguan atau pertanyaan mengenai keamanan listrik di rumah Anda. (red)

Baca Juga:  Luar Biasa, Harga Ronaldo Libas Nilai Skuat Separuh Pemain Liga Italia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News