Tips Merawat Baterai Smartphone Agar Awet dan Tahan Lama

Ilustrasi baterai smartphone. (Foto: shutterstock)

4. Hindari Penggunaan Saat Pengisian

Menggunakan smartphone saat sedang diisi daya dapat menyebabkan pemanasan berlebih pada baterai. Pemanasan ini dapat merusak baterai dan mempengaruhi daya tahan baterai dalam jangka panjang.

5. Jauhkan dari Suhu Ekstrem

Baterai smartphone bekerja paling baik dalam kisaran suhu tertentu. Hindari meninggalkan smartphone Anda di dalam mobil panas atau di bawah sinar matahari langsung karena suhu yang ekstrem dapat merusak baterai dan mempercepat degradasi.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak 12 April 2022, Aries Kamu Akan Tertarik Menjalin Hubungan Asmara yang Serius

6. Matikan Fitur Tidak Digunakan

Fitur-fitur seperti Bluetooth, Wi-Fi, GPS, dan notifikasi push dapat mempengaruhi daya baterai Anda. Pastikan untuk mematikan fitur-fitur ini jika Anda tidak menggunakannya agar baterai tidak cepat terkuras.

Baca Juga:  Lewat Jabar Bergerak, ACT Beri Bantuan Modal Untuk UMKM di Purwakarta

7. Perbarui Perangkat Lunak Secara Teratur

Perbarui sistem operasi dan aplikasi smartphone Anda secara teratur. Pembaruan perangkat lunak seringkali mencakup peningkatan efisiensi baterai, yang dapat membantu dalam penggunaan sehari-hari.

Baca Juga:  Beli BBM Pakai MyPertamina, Sopir Angkot Ciamis Ancam Mogok Massal

8. Gunakan Mode Hemat Daya

Banyak smartphone memiliki mode hemat daya yang dapat diaktifkan ketika baterai Anda hampir habis. Mode ini akan membatasi fitur-fitur tertentu dan membantu memperpanjang masa pakai baterai hingga Anda dapat mengisi dayanya kembali.