Tips Merawat Baterai Smartphone Agar Awet dan Tahan Lama

Ilustrasi baterai smartphone. (Foto: shutterstock)

JABARNEWS | BANDUNG – Baterai merupakan salah satu komponen paling penting dalam sebuah smartphone. Kehidupan sehari-hari kita kini sangat tergantung pada perangkat pintar ini, dan baterai yang sehat dan tahan lama adalah kunci untuk menjaga produktivitas dan koneksi tetap berjalan lancar.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat baterai smartphone Anda agar tetap awet dan tahan lama:

Baca Juga:  4 Rekomendasi Aplikasi Penghasil Uang Biar Tambah Cuan!

1. Jangan Biarkan Baterai Benar-benar Habis

Meskipun smartphone modern umumnya menggunakan baterai lithium-ion, disarankan untuk tidak mengizinkan baterai benar-benar habis. Siklus pengisian dan pengosongan penuh dapat mempengaruhi kemampuan baterai untuk mempertahankan daya maksimalnya. Cobalah untuk mengisi daya ponsel Anda saat baterai mencapai sekitar 20-30% untuk menjaga kesehatan baterai.

Baca Juga:  16.325 Botol Miras dan Barang Bukti Lainnya Dimusnahkan

2. Hindari Pengisian Semalam Penuh

Mengisi baterai semalaman penuh tidak hanya menyebabkan pemborosan listrik tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan pada baterai. Perangkat modern biasanya memiliki mekanisme yang mencegah pengisian berlebihan, namun, lebih baik mencabut charger setelah baterai mencapai 100%.

Baca Juga:  Mulai Besok, WhatsApp Tak Bisa Digunakan Lagi di HP Jenis Ini

3. Gunakan Charger Asli dan Berkualitas

Penting untuk selalu menggunakan charger asli yang disediakan oleh produsen atau charger berkualitas yang kompatibel dengan smartphone Anda. Penggunaan charger yang tidak tepat dapat menyebabkan pengisian yang lambat, overcharging, atau bahkan kerusakan pada baterai.