Tradisi Ziarah Kubur Jelang Ramadhan Menurut Islam

Ziarah kubur jelang Ramadhan
Tradisi ziarah kubur jelang Ramadhan. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Dalam waktu dekat, umat Islam akan menyambut datangnya bulan Ramadhan. Dalam menyambut bulan suci tersebut, sejumlah tradisi dilakukan. Salah satu yang hingga saat ini masih dipertahankan adalah tradisi nyekar atau ziarah kubur.

Baca Juga:  Soal Baznas Kabupaten Purwakarta, Begini Tanggapan Bupati

Diketahui, di sejumlah daerah tradisi ziarah kubur jelang Ramadhan masih dipertahankan hingga saat ini. Tak hanya mendoakan dan membacakan Alquran, mereka yang melakukan ziarah kubur juga membersihkan makam keluarga mereka.

Lalu bagaimana hukum ziarah kubur jelang Ramadhan menurut Islam? Seperti diketahui, ziarah kubur merupakan suatu kegiatan warga dengan cara mendatangi makam atau kuburan keluarga mereka yang telah meninggal dunia.

Baca Juga:  Survei Capres: Prabowo Masih Kuat, Ancaman Baru Muncul Dari Ridwan Kamil

Ziarah kubur sebenarnya bisa dilakukan kapan saja. Namun tak sedikit diantaranya ziarah kubur dilakukan dengan memilih waktu tertentu. Jelang bulan Ramadhan salah satunya.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Aries, Taurus dan Gemini: Jaga Kondisi Kesehatan Kamu Sedang Kurang Fit

Di beberapa daerah, tradisi ziarah kubur jelang Ramadhan masih dipertahankan. Saat nyekar, kuburan akan dibersihkan, ditaburi bunga sekaligus mendoakan almarhum agar dimaafkan segala dosa selama hidupnya.