Desa Kumuh di Indramayu Dapat Bantuan Rp300 Juta sampai Rp1 Miliar

JABARNEWS | INDRAMAYU – Sebanyak 14 desa menjadi sasaran program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Program yang berasal dari Kementerian Pekerjaan dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) Tahun 2021 itu diharapkan dapat dimanfaatkan dan dijaga oleh masyarakat.

“Program Kotaku tahun 2021 dilaksanakan di 14 desa yang tersebar di empat kecamatan,” kata Bupati Indramayu Nina Agustina, Minggu (12/9/2021), dikutip dari Antara.

Baca Juga:  Tiga Cara Ini Bisa Atasi Masalah Keuangan Tanpa Harus Pinjam Uang

Dia mengatakan, program Kotaku itu dengan rincian sembilan desa mendapat program padat karya dan lima desa lainnya memperoleh bantuan pemerintah untuk masyarakat (BPM) reguler.

Menurut dia, padat karya tunai yang diberikan kepada sembilan desa senilai Rp2,7 miliar, yang terdiri atas 6 desa dari Kecamatan Haurgeulis dan 3 desa di Kecamatan Sukra. Masing-masing mendapat bantuan senilai Rp300 juta.

Baca Juga:  Ketua DPW PKB Jawa Barat: Elektabilitas Rindu Akan Kita Pertahankan

Adapun lima desa lainnya masing-masing mendapatkan Rp1 miliar yakni Desa Patrol, Patrol Lor, Patrol Baru, Eretan Kulon dan Desa Kertawinangun.

“Kegiatan padat karya sudah dimulai sejak Juli sedangkan BPM reguler dimulai akhir Agustus,” katanya.

Program Kotaku, kata Nina, dilakukan untuk mempercepat penanganan pemukiman kumuh dan mendukung gerakan 100 persen akses air minum layak, 0 persen permukiman kumuh dan 100 persen akses sanitasi layak.

Baca Juga:  Dukungan Hasanah Mengalir di Majalengka

Dengan diselenggarakannya program Kotaku, ia mengajak masyarakat untuk menjaga prasarana yang telah dibangun dan fasilitas tersebut diharapkan dapat menunjang mobilitas dan aktivitas ekonomi warga.

“Kita sama-sama jaga jalan yang sudah dibangun, drainase juga, jangan membuang sampah sembarangan agar terhindar dari banjir dan prasarana bisa dirasakan dalam jangka panjang,” katanya. (Red)