Ini Yang Diajarkan DPPKB Purwakarta Kepada Para Ibu

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dinas Penanggalangan Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta menggelar Pelatihan Kader Bina Keluarga Balita (BKB) Jumat (7/9/2018). Pelatihan bertajuk ’Áyo Tingkatkan Kemampuan Kita, untuk membangun kader bangsa yang berkarakter dan berdaya saing’ itu digelar di Aula Kantor DPPKB, Purwakarta.

Kepala Bidang Ketahanan Keluarga DPPKB Purwkarta, Fata Faridulhisan mengatakan, salah satu upaya meningkatkan pengetahuan keluarga dalam pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak. Itu dilakukan melalui program ketahanan BKB dan anak, yang diwadahi dalam kelompok kegiatan BKB.

Baca Juga:  PGRI Kota Bandung Minta Kualitas Pendidikan Terus Ditingkatkan

’’BKB merupakan kegiatan yang khusus mengelola tentang pembinaan tumbuh kembang anak melalui pola asuh yang benar berdasarkan umur. Ini dilaksanakan sejumlah kader dan berada di tingkat rukun tetangga dan lingkungan, khususnya di Kampung KB di Kabupaten Purwakarta,’’ ujar Fata.

Ia menjelaskan, pelatihan kader BKB merupakan upaya peningkatan pengetahuan keterampilan dan kesadaran ibu. Juga anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang balitanya melalui rangsangan fisik, motorik, kecerdasan, sosial, emosional. Serta moral yang berlangsung dalam proses interaksi antara ibu, anggota keluarga lainnya dengan anak balita.

Baca Juga:  Haji Aming Pimpin DPD PAN Purwakarta, Mau Nyalon Bupati?

’’Nantinya di setiap kelompok kegiatan BKB ada kader-kader yang mengelola kelompok BKB. Saya berharap orangtua dapat menyebarkan gerakan bersama antara pemerintah Kabupaten Purwakarta, khususnya di Kampung KB. Agar keberlangsungan kegiatan BKB di Kabupaten Purwakarta dapat berjalan dengan baik,’’ ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pembangunan Ekonomi Keluarga, Deden Ali Azhar menjelaskan, tujuan pelatihan kader BKB untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta sebagai petugas lapangan dalam meningkatkan tumbuh kembang anak, melalui pola asuh yang benar.

Baca Juga:  DPRD Jabar Desak Pembangunan Tol Cisumdawu Dipercepat

’’Ini merupakan bagian dari keseluruhan kegiatan kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga sejahtera. Serta membantu seluruh keluarga yang memiliki balita, agar para ibu-ibu balita dan keluarga mengerti tumbuh kembang anak balitanya,’’ pungkas Deden. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat