Kopling Motor Kalian Terasa Keras? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Ada cukup banyak faktor bisa membuat tuas kopling motor keras dan berat saat ditarik untuk oper gigi.

Bisanya penyebab setiap tipe dan juga jenis motor pun akan berbeda-beda. Hal tersebut tentu saja karena faktor yang menjadikan penyebab tersebut muncul pun berbeda.

Maka dari itu berikut beberapa penyebab kopling motor keras yakni:

Baca Juga:  Cegah Kanker Dengan Buah Naga, Berikut Penjelasanya

Pertama. Kabel Kopling Tertekuk – Sampai saat ini hampir kebanyakan produsen motor masih mengandalkan sistem mekanis dengan memanfaatkan kabel kawat sebagai penghubung tuas kopling dengan kopling dalam pergerakannya.

Hal ini karena penggunaan sistem mekanis dianggap lebih maksimal. Dalam pemakaiannya, kabel kawat digunakan untuk menghantarkan gaya tarik dari tuas kopling ke kopling motor terdiri dari dua bagian utama.

Baca Juga:  Inilah Pesan Sekda Jabar Dalam Mengisi Kemerdekaan

Kedua. Kabel Kopling Berkarat – Kondisi kawat tersebut berkarat, bukan tidak mungkin akan membuat tuas kopling motor keras saat ditarik.

Hal tersebut karena tumpukan karat yang ada akan menghambat pergerakan kawat di dalam rumah atau selongsongnya.

Baca Juga:  Sib, PSKC Bakal Berikan Kejutan

Ketiga. Pegas Kopling Tidak Pas – Saat penggantian pegas kopling yang tidak tepat justru bukan akan membuat akselerasi lebih mantap.

Untuk itu, buat kalian yang hobi melakukan modifikasi motor, pastikan untuk tidak melakukan perubahan pada bagian pegas kopling. (Red)